API TAK KUNJUNG PADAM PAMEKASAN

Api Alam Pamekasan Yang Tak Pernah Padam 

DETAK PAMEKASAN--Api Tak Kunjung Padam, dikenal juga dengan nama Api Abadi ini adalah salah satu objek wisata alam yang sangat terkenal di Madura bahkan Nusantara.
Api yang kini ramai dikunjungi wisatawan ini terdiri dari beberapa titik api, dan semuanya muncul langsung dari dalam tanah. Titik-titik Api Tak Kunjung Padam ini dikelilingi oleh pagar yang tidak terlalu tinggi, mungkin hanya sebatas pinggang orang dewasa, pagar inipun di pasang agar anak-anak tidak sembarangan bermain di lokasi yang dekat dengan titik api ini.
Konon, Api Tak Kunjung Padam atau Api Abadi ini muncul setelah Ki Moko menancapkan pedangnya ketanah pada saat pernikahannya dengan seorang Putri Palembang dikarenakan suasana di sekitar sana gelap, Ki Moko sendiri adalah seorang pemuda yang menyebarkan agama islam didesa tersebut, beliau mendapatkan gelar “Ki Moko” itu sendiri karena masyarakat mengakui kepandaiannya.
Namun, menurut penelitian, ternyata api tersebut berasal dari gesekan antara belerang dengan oksigen, wilayah desa larangan di Pamekasan ini merupakan salah satu tempat yang memiliki paling banyak belerang, bahkan tidak jauh dari lokasi wisata Api Tak Kunjung Padam ini ada sebuah sumber air belerang, yang katanya mampu mengobati segala jenis penyakit kulit, meskipun kenyataannya sekarang sumber air belerang tersebut sudah tidak berfungsi karena masalah teknis. (fmI/DET/yan/tim)

0 comments:

Posting Komentar