5 Makanan dalam Alquran dapat Tingkatkan Imun Tubuh

 


Di dalam alqur’an dan sunnah terdapat informasi tentang makanan yang memiliki khasiat dan manfaat luar biasa. Tidak hanya dianjurkan dalam ajaran islam, bahkan hal itu telah dibuktikan oleh berbagai pakar nutrisi. Hingga saat pandemi ini, banyak direkomendasikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh menghadapi serangan virus.

Antara sistem imun tubuh dan nutrisi dalam makanan memang tidak bisa dipisahkan. Seperti makanan yang tersurat dalam alqur’an dan al hadits yang sudah ada sejak ratusan tahun ini.

Terdapat paling tidak 5 makanan dalam alqur’an dan sunnah yang mampu menunjang sistem imun tubuh. Apa saja itu?

  1. Kurma

Sudah jamak diketahui seluruh umat muslim dunia, kurma sudah menjadi seakan menjadi makanan utama. Bahkan Nabu Muhammad SAW menyarankan untuk berbuka puasa menggunakan kurma.

Ditilik dari sisi sains, kurma memiliki kandungan 87% gula alami, berbagai macam mineral, protein, dan kaya kandungan vitamin A, C, dan E.

Zat-zat yang terkandung dalam kurma ini memiliki manfaat yang sangat penting dalam mekanisme kerja tubuh. Selain itu, makanan ini juga mengandung serat yang efektif melancarkan pencernaan.

Di dalam alqur’an, kurma ini bisa ditemukan dalam ayat 25 surat Maryam.

  1. Buah Tin

Buah yang juga dikenal dengan nama ara ini memiliki banyak kandungan vitamin, mulai dari A, B1, B2, C, dan karoten. Kandungan senyawanya sangat tinggi, yang berperan untuk produksi sel tubuh, dan hemoglobin.

Tidak hanya itu, terdapat kalsium, kalium, dan fosfat yang begitu besar. Orang yang mengkonsumsi buah ini akan mendapatkan manfaat dalam kesehatan tulang, dan membantu dalam keseimbangan darah yang bisa mengurangi resiko pendarahan.

Tidak lupa, ada kandungan antioksidan yang sangat efektif dalam meningkatkan imun tubuh. Bahkan, air buah ara bisa menjadi alternatif dalam mengobati infeksi pernapasan, dan batuk.

Di dalam alqur’an, Anda bisa menemukan kata buah tin ini dalam surat At-Tin ayat 1.

  1. Madu

Madu bahkan secara spesifik disebutkan dalam alqur’an mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.  Secara eksplisit ayat yang menyebutkan madu terdapat pada ayat 69 surat An-Nahl.

Kandungan paling besar di dalam madu berupa fruktosa dan glukosa hingga 80%. Senyawa ini merupakan monosakarida yang sangat baik untuk sumber energi dalam tubuh.

Di dalamnya juga terdapat antioksidan, antibakteri, antivirus, hingga antiinflamasi. Minum madu, akan meningkatkan sistem imun tubuh dengan pembentukan antibodi.

Madu seakan memiliki nutrisi yang lengkap, karena di dalamnya terdapat juga berbagai mineral, seperti kalsium, kalium, fosfat, hingga magnesium yang sangat baik untuk kekebalan tubuh.

  1. Pisang

Ternyata pisang juga disebutkan dalam alqur’an, yaitu Al-Waqi’ah ayat 27-31. Bahkan buah ini dikatakan buah yang diperuntukkan untuk orang-orang yang masuk surga.

Pisang sudah menjadi makanan favorit yang dianjurkan oleh para ahli nutrisi. Didalamnya terdapat banyak vitamin, terutama vitamin C, B, karbohidrat, dan berbagai macam mineral lainnya.

  1. Minyak Zaitun

Khasiat minyak ini disebutkan langsung di dalam alqur’an sebagai pono yang diberkahi. Yaitu tertuang dalam An-Nur ayat 35. Memang minyak zaitun dikenal sebagai minyak sehat, yang mengandung asam oleat tak jenuh tunggal, antimikroba, anti inflamasi, yang bisa menjaga tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

Selain mengkonsumsi berbagai makanan tersebut, Anda juga bisa mendapatkan asupan nutrisi untuk imun tubuh lebih efektif dengan Rhea Health Tone. Riset yang dilakukan selama puluhan tahun, membuahkan ramuan yang sangat manjur dalam meningkatkan daya tahan tubuh lebih cepat diserap tubuh.

Produk buatan Rhea Natural Sciences ini dikemas secara praktis, dan sudah dijamin keamanannya oleh lembaga keamanan pangan, BPOM. Di masa pandemi seperti sekarang ini, menjadi suplemen paling tepat dalam menangkal mikrobiologi berbahaya, termasuk virus.

 

 

0 comments:

Posting Komentar