Plt Gubernur Lepas Tabut Tebuang 2018

BENGKULU,   Dalam prosesi ritual akhir festival tabut 2018, momen pelepasan tabut tebuang dilakukan oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dirumah dinasnya. Kamis (20/9/2018).

Ribuan masyarakat Bengkulu maupun masyarakat dari luar daerah Bengkulu tumpah ruah di sepanjang jalan yang dilalui para rombongan pembawa Tabut. Dan terlihat, Plt Gubernur beserta rombongan ikut berjalan arak-arakan mengikuti Tabut tebuang ini. Perjalanan dimulai dari rumah dinas gubernur Bengkulu menuju pemakaman di kawasan Karballah Kebun Tebeng Bengkulu.

"Semoga prosesi tabut dapat mengangkat kearifan lokal kota Bengkulu dan semoga pas arak-arakan nanti berlangsung secara kondusif dan tertib. Acara tabut ini merupakan seni budaya Kota Bengkulu yang turun temurun semoga tahun – tahun berikutnya masih bisa terlaksana lebih meriah lagi, dan semoga festival tabut ini dapat menjadi event tahunan yang di tunggu-tunggu oleh masyarakat," Ungkap Plt Gubernur Rohidin Mersyah.

Untuk diketahui, dalam acara tabut ini Ada 14 keluarga keturunan Tabut yang menggelar tradisi ini setiap tahunnya. Tabuhan alat musik dol pun bergemuruh menambah kental nya kearifan budaya lokal budaya Bengkulu pada saat arak – arakan berlangsung.

"Terimakasih kepada pihak kamanan yang telah mengkondisikan keadaan menjadi tertib seperti ini, saya juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang dapat hadir melihat acara tabut tebuang tahun 2018 ini. Sehingga acara ini menjadi sangat meriah seperti ini," tutupnya. (Mts)

0 comments:

Posting Komentar