" ARTIKEL" Urgensi Pendidikan Terhadap Anak Usia Dini

Ditulis oleh : Moh Kholil Rofiqi
Mahasiswa STAIN Pamekasan
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab


Pendidikan merupakan aset penting bagi kemajuan sebuah bangsa dan negara. Jika kualitas pendidikan dan teknologinya bagus maka negara tersebut dapat digolongkan negara maju, tetapi jika kualitas pendidikanya buruk dan tekhnologi berkurang, negara tersebut perlu untuk memperbaiki kualitas pendidikanya dan digolongkan negara berkembang dan negara miskin.

Pendidikan memang merupakan hal yang penting untuk menunjang kehidupan setiap orang di masa depannya. Oleh karena itu, setiap warga Negara harus dan wajib mengikuti jenjang pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, baik jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah maupun tinggi.

Pengertian pendidikan itu sendiri Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik.

Kebanyakan anak-anak pada saat memulai proses dalam lembaga pendidikan, mengabaikan pendidikan anak usia dini, padahal untuk membiasakan diri dan mengembangkan pola pikir anak dimula sejak usia dini mutlak diperlukan. pendidikan untuk anak usia dini penting sekali untuk mengasah kemampuan anak sejak dini.

Perlu orang tua ketahui bahwa anak memiliki kemampuan yang perlu diasah sejak dini, karena dengan mereka memiliki berbagai kemampuan tersebut tentunya sudah dapat dibentuk sedari dini. Sejak dini, anak-anak berhak mendapat sarana pendidikan yang nyaman, penuh kasih sayang, dan dalam lingkungan mendukung.

80% otak manusia berkembang pesat pada usia 0-8 tahun yang disebut dengan golden age/ golden period yakni masa keemasan. Di masa ini anak usia dini penting untuk dikembangkan agar nantinya perkembangan otak mereka dapat berkembang secara maksimal. Berdasarkan hasil penelitian, sekitar 50% kapabilitas kecerdasan pada orang dewasa, terjadi ketika anak memasuki usia 4 tahun. Sekitar 30% perkembangan pesat terjadi pada umur 8 tahun, dan mencapai puncak anak pada umur 18 tahun. Setelah mereka dewasa perkembangan kecerdasan tidak terjadi lagi. Riset tersebut menunjukkan perkembangan yang terjadi pada usia 4 tahun pertama sama besarnya dengan yang terjadi pada kurun waktu 14 tahun selanjutnya.

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Pendidikan bagi anak usia dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak.

( Moh Kholil Rofiqi )

0 comments:

Posting Komentar