"ARTIKEL" KEUTAMAAN MALAM LAILATUL QADAR

Ditulis Oleh: Imamatun Nisa'
Mahasiswi Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan

Lailatul Qadar/ Lailat Al-Qadar (bahasa arab: ليلة القدر, malam ketetapan adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan ramadhan yang dalam al-qur'an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Yang mana tertera dalam Surat Al-Qadar ayat 1-5:
اِنّآ أنزلنه في ليلة القدر (1) ومآادرك ماليلة القدر (2) ليلة القدر خير من الف شهر (3) تنزّل الملئكة والرّوح فيها باذن ربّهم من كل امر (4) سلام هي حتى مطلع الفجر (5)
Artinya:
1. Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar.

2. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

3. malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.

4. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin tuhannya untuk mengatur semua urusan.

5. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.

Dari ayat di atas, maka jelaslah lailatul qadar adalah malam yang memiliki banyak keistimewaan dibanding dengan malam-malam lainnya.

Dan sudah menjadi pengetahuan umum bahwa malam lailatul qadar kemungkinan akan diwujudkan oleh Allah pada malam ganjil, tetapi meningat umat Islam memulai awal puasa pada hari atau tanggal yang berbeda, maka umat Islam yang menghendaki harus berusaha mencarinya setiap malam.

Beberapa tanda-tanda/ciri-ciri malam lailatul qadar terjadi pada malam ganjil yang lebih memungkinkan terjadi daripada malam genap. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:
التمسوها في العشر الأواخر من رمضان ليلة القدر في تاسعة تبقى، في سابعة تبقى، في خامسة تبقى

Artinya: "Carilah lailatul qadar di seuluh malam terakhir di bulan Ramadhan pada sembilan, tujuh, dan lima malam yang tersisah". (HR. Bukhari no. 2021).

Terdapat hikmah tersembunyinya tanggal pasti dalam mencari malam lailatul qadar adalah agar kita bersungguh-bersungguh dan terus berusaha mencari dan meraih malam lailatu qadar. Dan apabila malam itu digunakan untuk beribadah kepada Allah SWT, maka ia akan mendapatkan pahala berlipat ganda satu berbanding seribu amal kebajikan.

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

Pertama, Udara dan suasana pagi tampak tenang dan damai.

Kesua, Cahaya matahari bersinar cerah tapi terasa melemah dan tidak terlalu panas keesokan harinya.

Ketiga, Malam yang tenang, tidak dingin, tidak berawan, tidak hujan, tidak panas, tidak ada angin kencang.

Disaat pada malam tersebut kita beribadah maka ibadahnya akan semakin terasa nikmatdan lezat dengan mendapatkan ketenangan hati serta kenikmatan bermunajat kepada Allah dan mendapatkan kesan yang berbeda tidak seperti malam-malam lainnya.

Telah kita ketahui tentang keutamaan dan tanda-tanda malam lailatul qadar, kita sebagai umat islam seharusnya berusaha untuk meraih malam lailatul qadar agar kita bisa mendapatkan pahala dari malam kemuliaan dan ridha dari Allah SWT.

(Imamatun Nisa')

0 comments:

Posting Komentar