"ARTIKEL" Maraknya Stylish Hijab Dari Masa ke Masa"

Ditulis Oleh : Fitriyani
Mahasiswi Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Menggunakan hijab pada dasarnya ialah kewajiban wanita muslimah. meski kerap sekali wanita muslimah tidak menggunakan jilbab, Akhirnya stylish hijab jika ditinjau dari fashion mengalami perkembangan dari masa kemasa, ada yang berpendapat bahwa stylish hijab masakinilah yang menarik wanita untuk memakai hijab. Motif, kreasi, dan model hijab modern masakini sangat jauh berbeda dengan masa sebelumnya.

Berhijab dalam Syari'at Islam
Hijab dalam syari'at islam ialah pakaian yang yang digunakan untuk menutupi kepala wanita sampai dadanya tertutup, hijab yang dimaksud ialah hijab panjang yang diulurkan hingga tertutupnya dada seorang wanita muslimah. Inilah ihwal menutup aurat dalam Al-qur'an surat Al-Ahzab ayat 59

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا (59(

"Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang Mukmin, 'Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.' Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenali, oleh sebab itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha Penyayang."

Ibnu al-Jauzy mengatakan: sabab nuzul ayat ini adalah bahwa orang-orang fasik dahulu mereka mengganggu para wanita apabila mereka keluar rumah pada malam hari. Maka apabila mereka melihat perempuan yang memakai cadar mereka membiarkannya (tidak mengganggunya), dan mereka mengatakan: ini adalah wanita merdeka. Dan apabila mereka melihat perempuan yang tidak memakai cadar, mereka mengatakan: ini adalah budak wanita. Lalu mereka menyakiti perempuan tersebut.

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلاَ يُبْدِيْنَ زِينَتَهُنَّ إِلاَّ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنّ
َ
Katakanlah kepada wanita yang beriman, "Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kehormatannya; janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) tampak padanya. Wajib atas mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya. (QS an-Nur : 31).

Surah diatas memang tidak mewajibkan kita secara langsung agar seorang wanita muslimah memakai hijab, akan tetapi menutup aurat dan memelihara pandangan kita sudah menunjukkan bahwa seorang wanita muslimah wajib memakai hijab. Tak asing bila kita mendengar bahwa wanita penghuni syurga pasti berhijab, siapapun wanita yang mau menjadi penghuni syurga silahkan pakai hijab kalian masing-masing.

Secara bahasa jilbab ialah sejenis mantel atau baju yang serupa dengan mantel (kamus Al-Muhith) menurut pendapat ulama tafsir.
1. Baju panjang (mula'ah) yang meliputi seluruh tubuh wanita.
2. kain penutup atau baju luar/mantel yang menutupi seluruh tubuh wanita.
3. baju luas yang menutupi seluruh kecantikan dan tubuh wanita.

Jelaslah bahwa dalam syariat islam memakai hijab ialah yang dapat menutupi leher hingga dada mereka (wanita muslimah)
Stylish hijab fashion masakini
Perkembangan zaman semakin pesat, dari tahun ke tahun dunia semakin berkembang, mulai dari transportasi, teknologi, fashion pakaian dan jilbab yang semakin pesat berkembangnya.

Penampilan remaja beraneka ragam ada yang berhijab panjang sampai lutut, dada, ada juga yang sampai leher. Ada remaja yang berpenampilan modis dan trendy ialah remaja masa kini yang katanya ingin terlihat fashionable, ada juga remaja yang mengikuti zaman trendy yaitu menggunakan hijab syar'i karna hanya maraknya trendy pakaian syar'i yang sangat mencolok, model kreasi pakaian masa kini dengan mengunggulkan warna yang mencolok seperti merah, pink, dll. Agar terlihat menarik, sehingga para wanita senang memakainya. Ada juga wanita yang memakai hijab bukan karena perkembangan zaman, jadi yang manapun pakaian yang mereka pakai kembalilah kepada penggunanya, apakah hanya mengikuti trend atau meggunakannya berdasarkan kewajian sebagai wanita muslimah.

Jadi banyak wanita sekarang yang memakai jilbab tidak atas tuntutan dari siapun melainkan atas dorongan dari diri sendiri, dan perkembangan fashion mengenai hijab pada masa sekarang sangat berpengaruh baik kepada wanita yang sebelumnya tidak mau memakai hijab.

( Fitriyani )

0 comments:

Posting Komentar