"ARTIKEL" 3 DAMPAK NEGATIF BILA MENJAUH DARI PARA ULAMA'

Ditulis oleh : Sitti Khairiyah
Mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan

Dengan memperhatikan kondisi pada zaman sekarang ini, dimana sudah banyak umat islam yang enggan mendengarkan fatwa-fatwa atau nasehat dari para ulama, bahkan mereka menjauhkan diri dari ulama' dan terlebih lagi mereka menentang dan memusuhi para ulama'.

Padahal ulama' adalah pemuka agama atau pemimpin agama yang bertugas untuk mengayomi, membina, dan membimbing umat islam baik masalah agama maupun masalah sehari-hari yang diperlukan baik dari sisi keagamaan maupun sosial kemasyarakatan. Dan kita juga harus mengetahui bahwa ulama' merupakan Warotsat Al-anbiya' yaitu pewaris para nabi. Ketika seorang ulama berfatwa atau memberikan nasehat, seyogyanyalah kita menerima dan melakukan apa yang telah mereka sampaikan kepada kita.
Terkadang timbul pertanyaan dibenak kita.

Mengapa kita harus patuh terhadap para ulama'?
Maka jawabannya adalah: sebagaimana dalam sebuah hadits, Rasulullah pernah menyampaikan bahwa salah satu kejadian yang kelak akan terjadi pada umat islam, terkait dengan kondisi dimana ummat berusaha menjauh dan menghindarkan diri dari ulama'. Beliau bersabda:
سيأتي زمان على أمتي يفرون من العلماء و الفقهاء فيبتليهم الله بثلاثة بليات. أولاها، يرفع الله البركات من كسبهم والثانية، يسلط الله عليهم سلطانا ظالما و الثالثة، يخرجون من الدنيا بغير إيمان.
Dalam hadits tersebut beliau menyampaikan kepda kita umat islam bahwa: Akan datang suatu masa akan menimpa umatku, mereka lari dari ulama' dan ahli fiqih, maka Allah akan menurunkan 3 macam bencana kepada mereka:

Pertama, Allah akan mengangkat berkah dari apa yang diusahakan.
Hasil usaha yang tidak mendapat berkah dari Allah, pasti membawa dampak yang negatif. dan hanya akan mendatangkan kesengsaraan dalam hidupnya.

Selanjutnya yang kedua ialah Allah akan memberikan para penguasa yang dzolim.
Hal ini bisa kita lihat di era ini, dimana banyak pemimpin di negara-negara muslim, baik pejabat, menteri, anggota dewan yang sudah tidak amanah lagi, tidak mengayomi rakyat melainkan hanya obral janji tanpa ada bukti. sehingga rakyatlah yang menjadi korban dan yang menerima kesengsaraan.

Yang terakhir yaitu meraka keluar dari dunia (mati) dalam keadaan tidak membawa iman, dengan kata lain Su'ul khotimah.
Sehingga segala amal yang mereka lakukan di dunia menjadi sia-sia. Hal inilah yang paling menakutkan.

Oleh karena itu, marilah kita mendekat dengan para ulama', janganlah sekali-kali merasa gengsi untuk mendekat kepada mereka, cintai dan hormatilah mereka, karena mereka itu adalah orang-orang yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Demikianlah 3 dampak negatif bila umat menjauh dan meninggalkan diri dari nasehat serta bimbingan para ulama', sehingga Allah akan menurunkan bencana yang begitu dahsyat bagi mereka yang menjauhi ulama'.

Semoga Allah mempersatukan kita dengan para ulama' dan menjadikan kita sebagai orang yang hasanah fid dun ya wal akhiroh. Amiin Ya Mujiibas Sailiin...!!!
بارك الله لنا.

(Sitti khairiyah)

0 comments:

Posting Komentar