Headlines News :
Home » » Berkat Harga Semangka! Petani Enggan Dengan Tembakau

Berkat Harga Semangka! Petani Enggan Dengan Tembakau

Written By panorama pagi on Sabtu, 11 Juni 2016 | 10.56

Saat panen Semangka milik Halimi
(Foto: zaini/detak.com)

Pamekasan, detak.com-  Dengan mahalnya harga Buah Semangka di bulan puasa ini akhirnya banyak petani yang berlomba untuk menanam Semangkanya. 

Harga Semangka berkisar antara Rp 15.000 per biji atau per Kg nya, hal itu di sampaikan oleh Hj. Syaiful salah satu pedagang Semangka. "Harga semangka saat ini sampai 15.000 per Kg nya, dan itu tergantung besar dan kecil semangkanya" ungkapnya kepada detak.com, Sabtu (11/06/2016).

Ia juga menambahkan bahwa di setiap penjualan ia juga biasa menghabiskan sekitar 1 ton semangka dan itu sangat menguntungkan sekali. "Saya setiap menjual mas rata-rata menghabiskan 1 ton buah semangka" tambahnya.

Sementara itu Halimi Wahab salah satu petani Semangka dari Desa Palesanggar Pegantenan Pamekasan menjelaskan kepada detak.com bahwa dirinya biasa menghasilkan uang sebesar Rp 8 Juta dari jumlah kotornya dan di perkirakan setiap panen memetik penghasilan sebesar Rp 5 juta. "Setiap panen saya biasanya menjual semangka sampai Rp 8 juta pak dan saya bisa mengambil untung dari itu Dengan jumlah Rp 5 juta pak" ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa harga semangka jauh lebih baik dari pada harga tembakau yang selalu di permainkan oleh dagang dan gudang, dan ia memilih untuk tidak menanam tembakau meskipun saat ini adalah musim tembakau. "Saya lebih baik menanam semangka saja pak daripada tembakau, karena harga tembakau selalu di permainkan oleh pedagang dan Gudang" pungkasnya.

(Zaini/ian)
Share this post :

Posting Komentar