Serangan Jantung, TKI Asal Sampang Meninggal di Malaysia.

Foto atas (jenazah Hanan saat diturnkan dari mobil Ambulan), bawah (penyerahan jenazah dari LP3TKI Surabaya kepada keluarga). (foto: detak.com).

Sampang, Detak.com.

LP3TKI (Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) Surabaya melakukan pemulangan dan penyerahan jenazah TKI (Tenaga Kerja Indonesia) atas nama Hanan Bin Lamsari kepada keluarganya di dusun lerpenang desa Pancor Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang, Kamis (24/3/2016).

Penyerahan disampaikan oleh staf LP3TKI Moh Samsul kepada H.Mathudi yang merupakan sepeupu dari almarhum Hanan. "Penyerahan ini harus ditandatangani oleh salah satu keluarga terdekatnya untuk memastikan bahwa jenazah betul-betul sudah sampai ke keluarga" ujar Samsul kepada detak.com disela-sela penyerahan Jenazah.

"Untuk itu kami pastikan bahwa Jenazah sudah betul-betul sampai ke keluarga. Ini tidak ada maksud lain hanya merupakan bentuk pelayanan pemerintah melalui LP3TKI" tambah Samsul.

Pantauan detak.com tidak ada dari unsur pemerintah Kabupaten Sampang yang menyambut Jenazah yang menjadi TKI sejak tahun 1992 tersebut. Pemerintah kabupaten Sampang, Camat Ketapang, maupun Kepala Desa (Kades) Pancor tidak ada dilokasi untuk menyambut Jenazah. Sehingga membuat petugas LP3TKI Surabaya kesulitan untuk mendapatkan tanda tangan penyerahan dari pemerintah desa setempat.

Sedikit tangisan terus menyambut kedatangan Jenazah pria beranak satu ini. "Tapi ini musibah, kami harus kuat" ujar Ibu Kandung Hanan, B. Matda'i lirih.

Pemakaman jenazah berlangsung hidmat. Tokoh Masyarakat, Ustad Abdurrosyid memimpin talqiin mayit setelah disholatkan di musholla milik almarhum.

Terpantau, Tahlil, tahmid dan suara zikir terus mengalun pada saat jenazah diturunkan dari Ambulan, proses do Sholati hingga disemayamkan ke liang lahat.

Dulahya (40), yang merupakan ketua RT Lerpenang menyampaikan, bahwa dia hanya kebetulan saja merupakan keluarga dan juga perangkat desa yang bisa menjemput Jenazah. "Namun instruksi langsung dari kades (pancor) tidak ada. Nah terkait dengan stempel desa kami persilakan untuk langsung ke Kepala Desa " kilah Dulahya.

Diketahui, jenazah saudara kandung Matnasu (45) yang juga merupakan TKI di Malaysia ini dipulangkan dari tanah jiran hari Rabu (23/3/2016) dari Bandara internasional Kuala Lumpur Malaysia sekitar jam 17.00 waktu setempat dan sampai ke Bandara I terminal Junada di sidoarjo tepat @ada hari Kamis pukul 09.00 Wib di terminal Cargo Bandara Juanda.

Setalah itu, jenazah dijemput oleh keluarga dibatu oleh LP3TKI Surabaya untuk disemayamkan di rumah duka.

Almarhum meninggalkan 1 orang anak dan 1 orang isteri yang semuanya masih di tanah jiran Malaysia.

(yan/det/zai/dus)

0 comments:

Posting Komentar