PN Pamekasan Lakukan MoU dengan Posbakumadin Pamekasan.

Ketua Posbakumadin Pamekasan (baju putih) Bersama Panmud Pidana Pengadilan Negeri Pamekasan. (foto: dokumentasi PN Pamekasan).

Pamekasan, detak.com.

Posbakumadin (Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia) kabupaten Pamekasan melakukan MoU (Memurandum of Understanding) dengan Pengadilan Negeri (PN) Pamekasan guna melakukan bantuan cuma-cuma kepada masyarakat tidak mampu di wilayah kabupaten Pamekasan.

MoU dilakukan oleh ketua Posbakumadin Kabupaten Pamekasan, Marsuto Alfianto, SH dengan Panitera Muda Pidana (Panmud Pidana), Edi Andriansyah, SH di kantor PN Pamekasan jalan trunojoyo Pamekasan.

"Sebenarnya, MoU ini adalah implementasi MoU antara Posbakumadin Pamekasan dengan PN Pamekasan yang dimulai sejak tahun 2013 yang lalu. Sehingga untuk hari ini hanyalah menindaklanjuti komunikasi yang sempat terputus antara Posbakumadin dengan Ketua PN Pamekasan" kata advokat Alfian ditemui di musholla PN Pamekasan, Senin(1/2/2016).

Lebih lanjut Advokat kelahiran Sampang ini menjelaskan, sesuai dengan Undang-undang nomor 16 tahun 2011 bahwa Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang sudah mendapatkan verifikasi dan validasi oleh Kemenkum-HAM (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia) RI tanggal 6 Januari 2016.

"Kami, Posbakumadin Kabupaten Pamekasan sudah mendapatkan SK akreditasi dari Kemnkum-HAM untuk menjadi OBH yang bisa melayani masyarakat periode 2016-2018" tambah Alfian.

Sementara itu, Edy Andriyansyah, SH membenarkan adanya MoU antara Posbakumadin pamekasan dengan PN Pamekasan untuk periode tahun 2016-2018.

Menurut Andri, sapaan akrabnya, bahwa implementasi Undang-undang bantuan Hukum, PN bisa melakukan MoU dengan OBH yang sudah mendapatkan SK dan akreditasi kemenkum-HAM.

"Untuk Posbakumadin ini sudah melakukan MoU dengan PN Pamekasan sejak beberapa tahun lalu. Namun, untuk tahun ini hanya meneruskan hasil MoU tersebut" pungkas Andri.

(det/yan)

0 comments:

Posting Komentar