Mulai Tahun ini, PN Pamekasan Sediakan Bantuan Hukum Gratis Melalui Posbakumadin.

Pamekasan, Detak.com.

Bagi masyarakat yang tidak mampu dalam menghadapi Masalah hukum di Pengadilan Negeri (PN) Pamekasan mulai tahun ini boleh sumringah. Pasalnya, mulai tahun 2016 hingga tahun 2018 PN Pamekasan bekerjasama dengan Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (Posbakumadin) kabupaten Pamekasan.

"Mulai tahun ini, kita menyediakan bantuan hukum gratis utamanya bagi masyarakat yang tidak mampu dan lebih khusus lagi bagi terdakwa yang diancama lebih dari 5 tahun" kata ketua PN Pamekasan, melalui Panitera Muda (Panmud) Pidana, Edy Andriyansyah, SH.MH kepada detak.com beberapa waktu lalu.

Penyediaan bantuan hukum tersebut, lanjut Andry adalah hasil kerjasama PN Pamekasan dengan Posbakumadin Pamekasan tahun 2016-2018. "Untuk itu, bagai masyarakat, terdakwa yang diancam 5 tahun atau lebih PN Pamekasan menyediakan Bantuan hukum gratis" jelas Andry.

Mengapa dengan Posbakumadin? "Posbakumadin adalah Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang sudah di akreditasi oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi / Kemenkum-HAM) untuk melakukan bantuan hukum secara prodeo - probono" katanya.

Sementara itu, Ketua Posbakumadin Pamekasan, M.Alfian, SH ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan bahwa lembaga yang dipimpinnya sudah melakukan kerjasama dengan PN Pamekasan untuk melakukan pendampingan hukum litigasi di PN Pamekasan.

"Pendampingan hukum litigasi tersebut dilakukan Posbakumadi ketika ada sidang di PN Pamekasan. Dan peruntukkan bagi terdakwa yang tidak mampu atau miskin dan lebih khusus lagi yang diancam lima tahun atau lebih" kata Alfian, melalui selulernya.

(yan/rul/su'ie/zaini)


0 comments:

Posting Komentar