Proyek PDAM Belum Bisa Berfungsi.

Pompa Raksasa Air di Sungai Samiran. (foto: detak.com).

Pamekasan, Detak.com.

Belum maksimalnya debit air samping Bendungan atau Sungai Sameran di desa Sameran kecamatan Proppo membuat Proyek Perusahaan air Minum Daerah (PDAM) Kabupaten Pamekasan belum bisa digunakan oleh masyarakat sekitar.

Proyek Penampungan air yang menggunakan anggaran Negara mencapai Rp 12 Milyar tersebut diperkirakan akan bisa digunakan sekitar bulan April atau bulan Maret mendatang.

"Pompa air ini masih belum bisa digunakan karena airnya belum bisa disedot karena dangkat" kata pekerja proyek yang mengaku bernama Hasan.

Hasan yang mengaku dari Surabaya ini juga menjabarkan, bahwa debit air yang bisa dipompa oleh Pompa raksasa berbentuk Perahu elastis ini mencapai 12.000 Meter kubik setiap detiknya. "Jika yang dipompa air segini gak sampai 5 menit habis" kata Hasan sambil menunjuk ke arah "telaga" samping Utara bendungan Sungai Sameran.

Nantinya, menurut Hasan, jika sampai lama menunggu debit air tidak kunjung meninggi, maka alternatifnya akan mengambilk air sebelah selatan atau air buangan dari bendungan sebelah Timur.

"Mungkin setelah itu bisa digunakan oleh masyarakat yang informasinya 3 kecamatan di Kabupaten Pamekasan ini" jelas Hasan sambil membetulkan alat las untuk menyambung sedikt kebocoran pompa.

(yan/det)

0 comments:

Posting Komentar