Perlu Pendampingan Hukum Secara gratis? Hubungi saja POSBAKUMADIN.

Advokat Dr.Ropaum Rambe ketika menyampaikan Tutorialnya di hadapan anggota Posbakumadin se Jawa timur. (foto: fian/detak.com).

Surabaya, detak.com.

Masih kurangnya pemahaman masyarakat terhadap sistematika hukum di Indonesia membuat Posbakumadin (Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia) menjadi pelopor dalam membimbing masyarakat yang tidak mampu guna melek dan sadar hukum.

Posbakumadin yang didirikan tahun 2011 oleh advokat senior, Dr. Ropaum Rambe menjelma menjadi OBH (Organisasi Bantuan Hukum) yang sangat capable dan mampu menjadi satu-satunya OBH yang bisa mengakses pelosok tanah air demi melakukan upaya-upaya atau Bantuan Hukum secara gratis bagi kaum marjinal Indonesia.

Tercatat dari release Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum-HAM) sebanyak 23 cabang Posbakumadin yang yang di akreditasi sebagai OBH yang sah untuk pendampingan Hukum Probono-Prodeo bagi masyarakat tidak mampu.

"Nah, dari sejumlah OBH tersebut menjadi satu-satunya OBH yang terbanyak mendapatkan Akreditasi dan validasi dari Kemnkum-HAM. Makanya tolong jaga marwah dan martabat Posbakumadin selain unggul secara kulitas juga unggul secara kuantitas" tegas, ketua Dewan Penasehat Posbakumadin, Ropaum Rambe ketika memberikan wejangan kepada anggota Posbakumadin Jawa Timur di Hotel Satelit, surabaya beberapa waktu Lalu.

Rambe memaparkan, bahwa Posbakumadin adalah milik bersama yang harus dibina agar menjadi OBH yang betul-betul bermamfaat bagi masyarakat secara luas.

Pengacara asal Medan itu yakin, ketika dipercaya oleh masyarakat miskin, bukan tidak mungkin Posbakumadin akan menjadi satu-satunya OBH yang paling ditunggu oleh masyarakat utamanya dalam pendampingan Hukum sesuai dengan Undang-undang Nomor 16 tahun 2011 tentang Bantuan Hukum.

"Makanya, Posbakumadin harus betul-betul dikelola dengan baik" jelas Rambe.

(yan/det/samsul)

0 comments:

Posting Komentar