HKTI Pasean Periode 2015-2020 Dikukuhkan.

Suasana pelantikan DPK HKTI Kecamatan pasean. (foto: Marul/detak.com).

Pamekasan, Detak.com.

Bertempat di Aula kecamatan Pasean, 26 Pengurus Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) 9 Desa se-Kecamatan Pasean dilantik untuk dikukuhkan sebagai Pengurus periode 2015-2020.

Pantauan detak.com, acara yang dihadiri oleh ketua Umum DPK HKTI kabupaten Pamekasan, Marsuto Alfianto juga dihadiri oleh jajaran muspika kecamatan Pasean. Diantaranya Camat Pasean, Slamet Mulyadi, Kapolsek Pasean yang diwakili Kanit Reskrim, Brigadir Judas juga dihadiri oleh Danramil Pasean yang diwakili Serka Moh syukur.

Pengukuhan jajaran pengurus HKTI 9 desa se-kecamatan Pasean disampaikan oleh ketua HKTI Kecamatan Pasean, Su'ie SAG. Dalam sambutannya, Su'ie menegaskan bahwa setelah dilantik kepengurusan desa se-kecamatan Pasean agar supaya melakukan upaya sinergi dengan dengan beberapa elemen, khususnya dengan unsur Kepala Desa (Kades).

"Ini penting disampaikan, agar supaya ada sinergi yang berjalan antara HKTI se-Kecamatan pasean untuk kemakmuran insan tani di kecamatan Pasean" kata Su'ie.

"Karena selama ini, yang terjadi masyarakat Tani hanya dijadikan objek untuk mengeruk keuntungan. Padahal petani jika dikelola dengan baik akan mendapatkan hal yang lebih baik" tegas Su'ie.

Sementara itu, ketua DPK HKTI Kabupaten Pamekasan, M. Alfian memaparkan dalam sambutannya, menekan legalitas HKTI yang selama ini menjadi simpang siur di masyarakat. "Perlu kami jelaskan bahwa saat ini tidak ada istilah dualisme di tubuh HKTI. Bahwa HKTI yang sekarang ketua bUmumnya bapak Mahyudin adalah HKTI yang resmi dan telah disahkan oleh Kemenkumham yaknbi pada tahun 2011. Dari pihak sebelah (prabowo) hingga melakukan Kasasi ke Mahkamah Agung. Namun pada tahun 2013 MA menolak semua gugatan dari pihak prabowo" jelas Alfian.

Alfian yang juga berprofesi sebagai Advokat ini menambahkan, bahwa status HKTI sejak tahun 2011 sudah sah dan legal atas kepengurusan Oesman Sapta Odang. Karena gugatan prabowo sudah ditolak. "atau saat ini sudah dipegang setelah Munas (musyawarah Nasional) dipimpin bapak Mahyudin. Dan itu sah" ujar Alfian.

Ditempat yang sama, Camat Kecamatan Pasean, Slamet Mulyadi sangat berapresiasi atas dibentuknya HKTI di kecamatan Pasean. "Saya pribadi sekaligus sebagai Camat Pasean sangat bangga atas dibentuk sekaligus dilantiknya HKTI di Kecamatan poasean. Karena ini akan membantu masyarakat petani khususnya masalah kelangkaan pupuk"

"Kalangkaan pupuk yang selama ini terjadi akibat tidak berjalannya sistem niaga yang dikelola oleh distributor atau kios. Padahal itu pupuk bersubsidi. Makanya kalau ada pupuk yang dipermainkan ditingkat bawah harap di advokasi oleh HKTI. Kami sangat mendukung. Apalagi Sekda (sekretaris daerah) kabupaten Pamekasan akan mencabut izin kios atau distributor yang terbukti melanggar terhadap distribusi pupuk tersebut" pungkas Camat pasean.

(marul/su'ie/yan/det)

0 comments:

Posting Komentar