Hari Ferivikasi Faktual Teakhir Organisasi Bantuan Hukum

Surabaya, detak.com.

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) dengan regulasi yang baru harus berbentuk Organisasi. Maka dari itu BPHN (Badan pembinaan Hukum Nasional) diharuskan melakukan verivikasi Faktual (verfak) terhadap Lembaga Bantuan Hukum yangbergerak dibidang bantuan hukum cuma-cuma melalui Kantor Wilayah (kanwil) di masing kesatuan.

Pada hari ini, Kanwil BPHN Jawa timur akan melakukan Verfak terhadap 24 Organisasi bantuan Hukum (OBH) di jawa timur yang sudah mendaftar sebagai OBH tanggal 28 oktober lalu.

"Untuk hari ini yakni, Jum'at tanggal 20 November 2015 batas terakhir Verifikasi Faktual OBH" kata kata Nur Suprapto, SH, mH pejabat bagian OBH Kementerian Hukum dan Ham Kanwil Jawa Timur kepada detak.com, Jumat (20/11/15).

"Bagi OBH yang sudah mendaftar beberapa waktu lalu, maka diwajibkan memasukkan aplikasi ke BPHN pusat, sementara untuk Kanwil (Jawa Timur) Sendiri hanya bagian verifikasi faktual data-data yangh dimasukkan ke aplikasi pusat" kata Nur, sapaan Akrabnya.

Untuk itu, jelasnya, dihimbau kepada seluruh pengurus OBH di Jawa Timur yang sudah memasukkan Aplikasi ke pusat agar membawa data-data asli yang akan diteliti keabsahannya di tingkat Kanwil.

"Kanwil itu tugasnya melakukan pengecekan data yang disampaikan oleh OBH yang sudah memasukkan aplikasi. Jadi untuk OBH yang belum memasukkan aplikasi belum bisa kami Verfak. Karena data-data yang kami dapat harus disesuaikan dengan data yang dimasukkan ke Pusat (BPHN Pusat)" jelas Nur.

"Pokoknya data yang diberikan ke kami harus data yang sama yang sampaikan ke aplikasi itu. Jika tidak kami tolak" tegas Nur Suprapto.

Dijelaskan, kabupaten Pamekasan memasukkan dua OBH yang mengajukan verfak. "Yang pertama adalah Posbakumadin Kabupaten Pamekasan yang diketuai oleh, M. Alfian Al-Muhdhor, yang kedua adalah Posbakum Justia yang diketuai oleh agus Sujarwadi"

"Selain dua OBH tersebut kayaknya belum ada masuk. Sementara yang sudah masuk aplikasi BPHN pusat yang posbakumadin" tutup Nur.

(lam/dar/sul/yan)

0 comments:

Posting Komentar