Bentor, Alat Angkutan Utama Ke Astah Sayyid Yusuf.

Bentor ketika mengangkut penunpang di Dermaga Talango. (foto: detak.com).

Sumenep. (detak.com).

Akses menuju Astah Sayyid Yusuf bin Ali Abdullah Al-Hasani yang terletak di Desa Talango kecamatan Talango yang hanya sekitar 2 Kilometer bisa diakses menggunakan angkutan. Selain menggunakan angkutan pribadi baik menggunakan roda dua atau roda empat akses bisa menggunakan Bentor (Becak motor).

Bentor merupakan hasil modifikasi sepeda motor yang depannya diganti kepala becak. Biasanya yang dibiki Bentor adalah sepeda motor yang sudah agak berumur.

Telihat, sepeda motor jenis Honda grand lansiran tahun 90-n dan sejenisnya banyak menghiasi disepanjang jalanan antara dermaga Talango hingga pesarenan Astah Sayyid yusuf.

Tidak begiru banyak masyarakat yang menggunakan Bentor. Pada umumnya mereka menggunakan mobil pribadi ataupun moto pribadi. Dengan hanya Rp 30 ribu untuk 1 mobil angkutan 4 orang berikut penumpangnya dan hanya Rp 3 ribu bagi kendaraan roda 2 membuat pengunjung lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi.

Namun meski tidak begitu banyak yang menggunakan jasa Bentor, para pemilik Bentor terus melakukan operasi tiap hari hingga larut malam.

"Kalau saya tiap hari mangkal disini" ujar Pak Samsul yang mengaku sudah bekerja sebagai penarik Bentor hampir sepuluh tahun.

"Tiap harinya kadang Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu" ujarnya sambil berlalu.

(yan/red)

0 comments:

Posting Komentar