Banyak Permasalahan, Nilai Pemkab Pamekasan Kurang sosialisasi.

Pamekasan, detak.com.

Banyaknya permasalahan dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak d kabupaten Pamekasan membuat masyarakat melakukan kritik terhadap kinerja Badan Pemberdayaan Masyarakat - Pemerintah Desa (Bapemas - Pemdes.

Badan yang dipimpin oleh Faisol ini disinyalir kurang serius dalam melakukan tahapan-tahapan Pilkades utamanya dalam hal sosialisasi kepada masyarakat terhadap cara-cara pilkades baik sebelum, pada saat, dan paska pemilihan. "Jadi menurut saya permasalahan ini timbul karena Pemerintah Kabupaten (pemkab) Kabupaten Pamekasan kurang melakukan sosialisai terhadap tata cara pelaksanaan Undang-undang utamanya tentang Perda dan Perbup Biipati Pamekasan tahun 2015 utamanya sebelum Pilkades serentak dimulai" ujar pemerhati Kebijakan Publik Kabupaten Pamekasan, Ahmad Alfauzy malalui selulernya, Selasa (17/11/2015).

Jika Pemkab Pamekasan serius, Lanjut Fauzy, maka permasalahan-permaslahan yang sifatnya administrasi akan bisa diminimalisir atau bahkan bisa tidak ada permasalahan.

"Yang saya lihat bahwa Pemkab ini kurang siap terhadap berbagai kemungkinan adanya permasalahan. Contoh tentang umur yang menggunakan ketetapan Pengadilan (PN). Padahal penetapan Pengadilan dianggap urgen" jelas Fauzy.

"Begitu juga pemahaman waktu pendaftaran dan waktu pemberkasan. Anehnya lagi ada beberapa anggota dewan (DPRD II Pamekasan) yang sok-sokan mengartikan Perda atau Perbup sesuai dengan pesanan"

Maksud pesanan, jelas Fauzy, dalam satu ketika dia mengartikan sebenarnya, padahal dalam waktu lain dia mengartikan lain. "Ini yang malah bikin tambah rancu" geram Fauzy.

Sementara itu, kepala Bagian (Kabag) Bapemas-Pemdes Pemkab Pamekasan, Faisol menyampaikan bahwa semua yang berkaitan dengan permasalahan terkai dengan pilkades serentak akan menjadi bahan evaluasi terhadap lembaganya agar nantinya tidak terulang permasalahan yang sama. "Tentunya dengan Pilkades serentak ini tidak mungkin sukses seratus persen. Namanya juga pertama kali. Namun begitu kami akan berkometmen untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja kami untuk kedepannya agar lebih baik. Utamanya nanti pada Pilkades serentak yang kedua" kata faisol.

"Jadi kami akan evaluasi terhadap permasalahan-permasalahan tersebut" tutup Faisol.

(lam/gus/yan).

0 comments:

Posting Komentar