71 esa Siap Lekukan Pilkades, Termasuk Desa Samiran.

Pamekasan, Detak.com.

Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan diselenggarakan secara serentak di 71 desa se-Kabupaten Pamekasan pada tanggal 16 November mendatang hampir rampung. Semua Panitia dipastikan sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.

"Saat ini Panitia sudah siap untuk melaksanakan tugasnya. Dan kami sudah melaksanakan semua prosedur yang ada. Kami yakin yang dilakukan panitia sudah sesuai dengan Perda/Perbup yang ada" kata Faisol, Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan desa (Bapemas-Pemdes).

Sementara itu, Camat Proppo Hambali menegaskan bahwa Pilkades yang akan diselenggarakan didaerahnya mencapai 11 desa dari 27 desa yang ada juga siap terhadap Pilkades. Begitu juga desa Samiran yang diisukan akan ada permasalahan. "Saya katakan dengan jelas, bahwa Pilkades di Kecamatan Proppo yang berjumlah 11 desa sudah siap melaksanakan Pilkades. Begitu juga desa Samiran" tegas Hambali kepada Detak.com, melalui ponselnya, Jum'at (13/11/2015).

"Untuk itu kepada semua pihak jangan memanas-manasi situasi. Kepada LSM, Anggota Dewan (DPRD II) juga jangan melakukan statemen yang membuat suasana terganggu. Khusus desa Samiran atau Saudra Samsuri saya sudah mendapatkan Surat secara resmi dari Diknas bahwa Surat keterangan pengganti Ijazah yang hilang dari SMP 1 proppo"

"Jadi kalau ada yang mengatakan bahwa surat keterangan itu tidak sah, maka itu adalah pembohongan Publik. Terkait dengan tersebut (surat keterangan) sudah saya sampaikan kepada Bapak Bupati. Meski ada salah satu dewan yang tetap mempertanyakan keabsahan surat tersebut. Tapi tetap dalam pendirian saya bahwa administrasi milik saudara Samsuri sudah dinyatakan lengkap dan sah atau legal" kata Hambali.

"Maka dari hal itu, dihimbau kepada warga atau masyarakat desa Samiran untuk tidak terpancing atau percaya kepada isu terkait dengan adanya informasi terkait dengan ijazah atau surat keterangan milik Samsuri. Surat pengganti Ijazah milik Samsuri adalah sah. Dan Kapolres juga mengetahui terkait keabsahan surat keterangan itu" ujar Camat Hambali.

Surat keterangan yang kami dapat dari Diknas, lanjut Hambali adalah sebagai acuan bagi kecamatan untuk melakukan dan menyatakan bahwa surat tersebut resmi dan sah. Dan untuk Samsuri juga jangan terpancing terhadap informasi dari luar yang sifatnya hanya akan membuat masyarakat resah.

"Pokoknya syarat yang dimiliki Samsuri adalah sah. Dan tidak ada masalah. Untuk itu desa Samiran tetap melakukan tahap Pilkades pada hari Senin tanggal 16 November yang akan datang berbarengan dengan 71 desa yang lain" tutup Hambali.

(yan/alam/gus)

0 comments:

Posting Komentar