Headlines News :
Home » » Tahun ini DBHDC Sumenep Mencapai Rp 24 M

Tahun ini DBHDC Sumenep Mencapai Rp 24 M

Written By Unknown on Sabtu, 26 September 2015 | 08.12

Sumenep--Sumenep sebagai salah satu daerah penghasil tembakau di  Jawa Timur. Sehingga mendapatkan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) hingga mencapai miliaran rupiah.
Menurut Kepala dishutbun Herman Poernomo, untuk tahun 2015, kami mendapatkan dana beacukai hanya Rp. 10 M. Dari Rp. 10 M hingga sekarang sudah sekitar 80 persen yang terserap.
Lebih lanjut Herman Poernomo menjelaskan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 32 tahun 2011 bahwa bantuan tidak boleh terus menerus. Jadi untuk Kabupaten Sumenep bantuan DBHCT diberikan secara bergilir kepada kelompok-kelompok tani.
" Jadi kelompok petani yang mendapatkan bantuan pada tahun 2014, untuk tahun 2015 tidak mendapatkan. Sebaliknya, kelompok tani yang tahun ini mendapatkan, maka tahun 2016 tidak boleh mendapatkan," kata Herman Poernomo, Jumat (25/9/2015) kepada sejumlah wartawan.
Sedangkan realisasinya, lanjut Poernomo, panggilan akrab Herman Poernomo bahwa kelompok tani yang dibantu untuk penguatan modal untuk tahun ini sekitar 209 kelompok. Termasuk juga dalam bentuk bantuan Traktor yang diberkan kepada kelompok tani yang tersebar di Kabupaten paling timur Madura.
"Dalam penguatan modal perkelompok tani mendapatkan Rp. 15 juta," katanya.
Sebelumnya, menurut  staf  perekonomian Pemerintah Kabupaten Sumenep Suhermanto, untuk tahun ini DBHCT Sumenep mencapai Rp. 24 miliar. Dari jumlah itu dibagi terhadap delapan  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Sumenep dan salah satunya Dinas Perhutanan dan Perkebunan (Dishutbun).
"Untuk tahun ini mendapatkan Rp. 24 M. jumlah itu dibagi terhadap delapan SKPD, meliputi Dinas Kesehatan, Dishutbun, Koperasi dan lainnya," katanya. **(cik)


Share this post :

Posting Komentar