Headlines News :
Home » » Hei Tretan, ini Patut ditiru! Di Desa Laden Ada Kurban Hasil Arisan Keluarga.

Hei Tretan, ini Patut ditiru! Di Desa Laden Ada Kurban Hasil Arisan Keluarga.

Written By Unknown on Jumat, 25 September 2015 | 08.03

Foto atas: ilustrasi daging kurban siap diberikan. Foto bawah: salah satu anggota Arisan sekar putih, Samsuri. (foto: detak.com).

Pamekasan, detak.com.

- Ada banyak cara yang dilakukan umat manusia untuk melakukan ibadah sembelih hewan kurban di Idul Adha 1436 H atau tahun 2015 tahun ini.

Di Dusun Sekar Putih desa Laden Kecamatan kota Pamekasan ini contohnya. Penyembelihan hewan kurban dilakukan atas dasar urunan atau arisan keluarga. Kelompok yang mempunyai anggota 30 orang ini mulai tahun ini melakukan ibadah sembelih kurban dengan bergiliran sesuai dengan pemenangnya. "Jadi yang pemenang arisan ini, uangnya untuk membeli hewan kurban. Kebetulan tahun ini dapat Rp 10 juta rupiah. Ya dibelikan sapi untuk dikurbankan" kata Samsuri (42) salah satu anggota Arisan keluarga.

Bisa jadi, kata Samsuri, bahwa untuk tahun-tahun berikutnya akan lebih banyak hewan kurban yang akan disembelih. "Kebetulan tahun ini anggotanya masih sekitar 30-n orang. Jadi masig dapat 1 sapi. Bisa jadi tahun depan lebih banyak. InsyAallah" tambah pria asal kecamatan Waru ini kepada detak.com, kamis (24/9/2015).

Untuk saat ini, kelompok arisan yang belum mempunyai nama ini diketuai oleh Moh Saleh. Dipilihnya Moh Saleh karena umurnya yang paling sepuh diantara semua peserta arisan keluarga.

"Kebetulan umur beliau sekitar 70 tahunan. Makanya dengan kesepakatan bersama bahwa ketuanya diambil yang paling tua. Dan sekretarisnya mas Hamdani" jelas Samsuri.

Hasil dari penyembelihan 1 hewan kurban berupa sapi tersebut, dibagikan kepada sekitar 80-n orang dengan pembagian dagingnya maksimal 1 kilogram setiap orang yang tersebar disekitar lingkungan kampung.

"Mudah-mudahan tahun depan yang ikut arisan keluarga ini tambah banyak. Secara otomatis hewan kurbannya akan lebih banyak. Amin" harap Samheri.

(detak.com)
Share this post :

Posting Komentar