Headlines News :
Home » » Greget Pilkada Sumenep

Greget Pilkada Sumenep

Written By Unknown on Rabu, 09 September 2015 | 13.32

Sumenep--Seperti greget  dua pasangan calon (paslon) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep? Yang pasti tidak hanya berkampanye langsung dengan masyarakat, namun juga akan berkampanye melalui dunia maya atau media sosial. dan yang pasti keduanya tersebut telah mendaftarkan akun media sosialnya sebagai sarana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.
"Sesuai ketentuan, Paslon pada Pilkada bisa berkampanye melalui media sosial seperti Face Book, Twiter, dan Black Berry Messenger (BBM), namun akun media sosial tersebut harus didaftarkan ke KPU dengan tembusan Panwas dan Kepolisian setempat," terang Komisioner KPU Sumenep, Ach. Zubaidi, kepada sejumlah awak media.
Data di KPU tercatat sembilan akun media sosial kampanye paslon Pilkada Sumenep yang resmi didaftarkan. Dari sembilan akun media sosial yang terdaftar itu enam diantaranya milik paslon nomer urut satu A Busyro Karim-Achmad Fausi terdiri dari 5 akun face book dan 1 BBM. Sedangkan paslon nomor urut dua Zainal Abidin-Dwi Khalifah sebanyak 3 media sosial meliputi 2 akun face book dan 1 akun twiter.
Menurutnya tidak ada batasan berapa jumlah media sosial kampanye, namun prinsipnya harus didaftarkanke KPU dengan tembusan kepada Panwas dan Kepolisian.
Ditambahkan, pendaftaran media sosial sebagai sarana kampanye tersebut untuk mempermudah pengawasan terhadap pelanggaran dan masyarakat dapat menfilter informasi kampanye dari akun resmi tim pasangan calon. Akun yang tidak didaftarkan ke KPU itu tidak dinamai media sosial kampanye, sehingga apabila melanggar konsekwensi hukumnya ditanggung perorangan atau pemilik akun.
"Namun, untuk akun media sosial yang didaftarkan ke KPU, maka konsekuensinya pada Paslon yang bersangkutan apabila terbukti melanggar kampanye seperti kampanye hitam," tegasnya.
Masa jabatan A Busyro Karim-Sungkono Sidik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumenep priode 2010-2015 berakhir 25 Oktober mendatang. Sedangkan Pilkada Sumenep dijadwal 9 Desember 2015.
Untuk diketahui dua Paslon yang dipastikan menjadi peserta pada Pilkada Sumenep yaitu nomer urut 1 A Busyro Karim-Ach. Fauzi yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.
Untuk nomor urut dua Zainal Abidin-Dewi Khalifah diusung Partai Demokrat (PD), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Golongan Karya (Golkar), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). (Mziz)
Share this post :

Posting Komentar