Headlines News :
Home » » Bulog Gandeng Dandim 0826 Pamekasan Untuk Swasembada Beras.

Bulog Gandeng Dandim 0826 Pamekasan Untuk Swasembada Beras.

Written By Unknown on Minggu, 27 September 2015 | 14.22

Gudang bulug Divre XII Madura (foto: Mia/detak.com).

Pamekasan, detak.com.

- Badan Umum Logistik (Bulog) Divisi regional (Divre) XII Madura menggandeng semua Komandan Distrik Militer (Dandim) se-Madura guna mendukung program pemerintah dalam swasembada beras 2016.

Di Pamekasan, Dandim 0826 akan digandeng oleh Bulog khusus masuk ke desa-desa untuk merayu para petabi agar gabahnya dijual ke Bulog Kabupaten Pamekasan. "Saat ini kami siap untuk mendukung program pemerintah tersebut" ujar Dandim 0826 pamekasan, Letkol Armed Mawardi kepada awak media dikantornya jalan Bonorogo, Pamekasan.

"Untuk itu kami siap masuk ke desa-desa untuk menyukseskan program tersebut. Saat ini sudah ada sekitar 21 ton gabah yang sudah dijual oleh petani ke Bulog melalui kami (kodim)" tambah, Mawardi.

Mawardi menjelaskan, tata cara pembelian gabah dari petani adalah melalui Komandan Rayon Militer (Dan Ramil) di masing kecamatan. "Jadi awalnya gabah-gabah itu dikumpulkan di Koramil di masing.asing Kecamatan. Setelah terkumpul maka kami akan melakukan koordinasi dengan Bulog untuk melanjutkan proses penampungan beras tersebut" jelas Mawardi.

Mawardi mengaku sangat kesulitan untuk Bulog membeli gabah atau padi petani karena petani merasa penjualan ke Bulog lebih murah ketimbang ke tengkulak atau pedagang dibawah. "Itu tantangannya. Namun katanya Bulog siap dengan harga pasaran" ujarnya.

Salah satu petani desa Samiran, Harto, menyatakan, bahwa pembelian gabah yang dilakukan oleh Bulog biasanya lebih murah dari pasaran atau tengkulak. Sehingga banyak petani malas untuk menjual ke Bulog. Namun jika harganya bersaing maka petani dengan senang hati untuk menjual ke Bulog. "Namun jika harganya dibawah harga pasaran, siapa yang mau jual"

(yan/red)
Share this post :

Posting Komentar