Headlines News :
Home » » Banyak Gudang Tembakau Yang Permainkan Harga Tembakau!

Banyak Gudang Tembakau Yang Permainkan Harga Tembakau!

Written By Unknown on Rabu, 16 September 2015 | 06.14

Salah satu aktivitas pembelian tembakau di gudang pamekasan. (foto: slamet/detak.com).

Pamekasan, detak.com.

Aktifitas pembelian tembakau rajangan dibeberapa Gudang Tembakau di Kabupaten Pamekasan disinyalir berbauau permainan. Meskin cuaca terus bagus namun harga beli tembakau justru menurun.

Seharusnya, harga jual-beli tembakau berpatokan kepada cuaca. Jika cuaca baik (kemarau) sejak penanaman bibit, perawatan hingga panen maka berbanding lurus dengan harga tembakau.

Jika cuaca baik maka harga akan baik.

Pantauan jurnalis detak.com, dibeberapa gudang pembelian tembakau yang terdaftar di Disperindag (Dinas perindustrian dan perdagangan) melakukan pembelian yang justru menurun dari segi harga. Harga mula-mula tembakau malah yang ada di nkisaran Rp 53 ribu namun justru sekranag hanya dikisaran Rp 40 ribuan. Padahal daun tembakau sudah dalam katagori bagus. Yakni sudah masuk ke bagian tengah dan pucuk yang beberapa tahun terdahulu menjadi daun istimewa.

Hal inilah yang akan memicu HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Kabupaten Pamekasan akan melakukan Audiensi dengan beberapa pelaku usaha. "Kami akan melakukan audiensi dengan beberapa Gudang yang membeli tembakau dengan menentukan sendiri atau sepihak" kata Fauzy, salah satu sekretaris DPK HKTI Kabupaten Pamekasan.

Fauzy menjelaskan, bahwa gudang-gudang di Pamekasan sudah masuk ke katagori mafia ekonomi yang harus hengkang atau cabut dari Pamekasan.

Fauzy yang juga merupakan aktivis PMII ini juga mengatakan, sistem kerja gudang sudah ada kongkalikong juga dengan salah satu dinas di Kabupaten Pamekasan.

"Nah inilah sebabnya Disperindag ini mandul. Harusnya berpihak kepada rakyak. Kepada petani. Bukan kepada cukong-cukong itu" pungkas Fauzy.

(yan/tim/gus)
Share this post :

Posting Komentar