Headlines News :
Home » » UNPAS Menghadirkan Bentuk Gamelan yang Lebih Memasyarakat

UNPAS Menghadirkan Bentuk Gamelan yang Lebih Memasyarakat

Written By Unknown on Senin, 24 Agustus 2015 | 05.24

Bandung - Universitas Pasundan (Unpas) Bandung mengembangkan alat musik gamelan berbahan keramik sehingga bisa dimainkan mengikuti tangga nada. Tentu saja Unpas telah menghadirkan bentuk gamelan yang lebih memasyarakat.
Salah seorang Alumni Jurusan Seni Musik Unpas mengaku, memainkan alat musik keramik cukup mudah, tinggal dipukul saja. Dia menyebutkan munculnya ide memunculkan alat musik berbahan keramik itu berasal dari sekitar kampusnya yang tengah membangun sehingga banyak material bangunan yang tersisa, termasuk limbah keramik.
Menurutnya, yang membedakan gamelan keramik dengan gamelan pada umumnya adalah notasi yang digunakan. Gamelan keramik tidak menggunakan salendro ataupun pelog, melainkan notasi musik barat seperti yang digunakan pada piano.
Meski demikian kata dia cara pembuatannya tidak sesederhana memainkannya. Dibutuhkan kesabaran dan ketekukan untuk menciptakan gamelan keramik dengan bunyi yang pas walaupun mayoritas perangkat yang digunakan mudah dijumpai dalam keseharian, yakni keramik, paralon, gabus, dan lakban. (uli)

Share this post :

Posting Komentar