Headlines News :
Home » » Api Tak Kunjung Padam dan Tongkat Ki Moko

Api Tak Kunjung Padam dan Tongkat Ki Moko

Written By Unknown on Sabtu, 15 Agustus 2015 | 06.09

Pamekasan--Dibalik keindahan fenomena alam Api Tak Kunjung Padam, masyarakat Pamekasan-Madura-Jawa Timur  memiliki legenda yang di ceritakan scara turun-temurun mengenai fenomea alam tersebut. Legenda tersebut menceritakan kehadiran seorang tokoh bernama Ki Moko, yang dikenal sebagai seorang yang sakti dan ternama di Madura.

Dalam legenda tersebut diceritakan, ada seorang pemuda bernama Hadagi mempelajarai agama Islam dan menyebarkannya di desa tersebut. Karena kepandaiannya, ia memeroleh julukan Ki Moko dari warga sekitar. Suatu ketika Ki Moko ingin mempersuntung seorang putri Palembang dengan mas kawin berupa mata ikan yang ia dapatkan di sungai timur. Ikan itu sejenis lele yang dikatakan warga Madura juko' ketteng. Peristiwa ajaib terjadi saat mata ikan tersebut berubah menjadi mutiara.

Kemudian pesta pernikahan pun dilangsungkan tepat di bawah pohon Palembang. Karena keadaan yang gelap, Ki Moko menancapkan tongkatnya ke tanah dan peristiwa ajaib kembali terjadi. Seketika itu juga muncullah api dari bekas tancapan tongkat tadi dan titik api itulah yang hingga kini terus menyala. (**)
Share this post :

Posting Komentar