TIPS Ramadhan: Agar Tidak Dihedrasi Hindari Kopi dan Gorengan Pada Saat Ramadhan.


Jakarta

- Salah satu gangguan kesehatan yang paling sering menghampiri orang yang tengah beribadah puasa adalah dehidrasi. Kendati bagi orang awam kondisi ini tidak dapat dibedakan dengan haus biasa.

Namun sebenarnya munculnya risiko dehidrasi ditentukan oleh makanan atau minuman tertentu yang dikonsumsi saat berbuka atau sahur. Salah satu jenis minuman yang harus dihindari agar tak dehidrasi adalah kopi.

"Kopi cenderung membuat seseorang banyak buang air kecil. Istilahnya, diuretik," ungkap dr Ahmad Fuady, MSc-HPEL, Kepala Klinik Dokter Keluarga Fakultas Kedokteran UI Kayu Putih, kepada media on-line Nasional detikcom dan ditulis Rabu (17/6/2015).

Apalagi jika kopi dikonsumsi sendirian atau tidak didampingi asupan lain, lanjut dr Ahmad. Sebab bila dikonsumsi sendirian, kopi dapat memicu kenaikan asam lambung yang berakibat buruk bagi mereka yang tengah menjalankan ibadah puasa.

Hal senada juga disampaikan Prof dr Endang L Achadi, MPH, Dr.PH. dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. "Kopi memang demikian, menyebabkan efek diuretic, yaitu menyebabkan lebih banyak keluarnya cairan tubuh atau urine, sehingga lebih mudah haus," terangnya dalam kesempatan terpisah.

Selain kopi, gorengan juga kerap dituding menyerap lebih banyak cairan tubuh sehingga orang-orang yang berpuasa jadi rentan haus dan dehidrasi. Menanggapi hal ini, dr Ahmad mengatakan bahwa itu karena gorengan memiliki kandungan garam yang tinggi.

"Garam akan meningkatkan kemungkinan dehidrasi," katanya. Kendati demikian Prof Endang berpendapat meski kemungkinan itu ada, tapi efeknya terhadap dehidrasi tubuh tidaklah terlalu signnifikan layaknya kopi.

(Det/yan)

0 comments:

Posting Komentar