TIPS Puasa Romadhan: Kapan Waktu Yang Pas Untuk Lari?


Inspirasi Sehat Berpuasa
Ingin Tetap Lari Saat Puasa? Ini Tipsnya

Jakarta

- Meski sedang berpuasa, namun olahraga bagi pecinta‎ lari tentu tak ingin mereka hentikan begitu saja. Lantas kapan waktu dan cara yang tepat untuk memulai lari saat berpuasa?

"Kita punya siasat sebetulnya, badan itu selalu perlu adjustment, ‎jadi memang kalau masuk dari satu fase ke dase tertentu kita perlu waktu untuk adjust. Siasatnya kalau di Indorunners di awal Puasa mereka larinya kecil-kecil dulu, mungkin kita waktu setengah jam," jelas Reza Puspo, Founder komunitas Indorunners kepada Media On-line Nasional, detikcom, dan ditulis pada kemarin, Jumat (16/6/2015).

Waktu yang tepat untuk mulai berlari saat berpuasa adalah selepas buka puasa. Sementara jam yang pas untuk melakukannya yaitu sekitar pukul 20.00.

"Jadi habitnya, habis maghrib, salat, makan, harinya agak malam, setelah sekitar pukul 20.00, mereka beri waktu sekitar setengah jam. It's not about how fast, tapi paling tidak badan bergerak dulu, jadi dibiasakan dulu, karena biasanya badan itu menolak untuk berlari," kata Reza.

"Kalau sudah terbiasa paling tidak dilakukan 3 kali seminggu. Biasanya badan gradually akan bisa mengikuti kondisi baru tersebut. Jarang saya lihat teman-teman yang ‎bahkan bisa lari di bulan puasa 21 kilometer bisa, tanpa terpengaruh dengan puasa itu," sambungnya.

Satu bulan berpuasa, tidak serta merta harus dipaksakan untuk berlari seperti halnya pada hari biasa. Beri tubuh waktu selama 2 minggu untuk terbiasa, hingga akhirnya berlari secara normal di 2 minggu terakhir Ramadan.

"Jadi siasatnya begitu. 4 Minggu kita puasa minggu pertama dan kedua adjustment time, baru minggu ketiga dan keempat main di intensity,"‎ ungkap Reza.

(Det/yan)

0 comments:

Posting Komentar