MUI Pamekasan tidak Temukan Hilal Di Ambat.

Ilustrasi. (Detak.com).

PAMEKASAN

- Pemerintah sudah menetapkan bahwa 1 Romadhon 1436 H atau hari pertama puasa bertepatan pada hari kamis tanggal 18 Juni 2015.

Penetapan awal bulan puasa kali ini terlihat special. NU dengan muhammadiyyah terlihat kompak dalam penentuan Romadhon kali ini. "Penetapan 1 Romadhon kali ini juga dihadiri ketua MUI (Mejelis Ulama Indonesia) sekaligus Ketua Umum Muhammaddiyayah" kata Menteri Agama RI Lukman Hakim Syaifuddin kepada awak Media di Jakarta tadi malem.

Menteri Agama bersyukur karena sidang isbat penetapan awal puasa berjalan lancar tanpa adanya perdebatan yang keras. Ia berharap kesamaan awal puasa pada tahun ini dapat terwujud juga pada tahun-tahun berikutnya.

Lukman mengatakan dalam sidang isbath tahun ini melalui banyak pertimbangan khususnya dari paparan ahli astronomi dan mendengar laporan petugas rukyat yang bertugas melihat hilal yang tersebar di 36 titik diseluruh Indonesia.

"Dengan hasil ini, mudah-mudahan (puasa) Umat Islam bisa dilakukan serentak. Ini juga cerminan kebersamaan Umat islam bisa terus dibangun dari waktu ke waktu sehingga seluruh persolan bisa disikapi bersama" kata Lukman di gedung Kementerian Agama, Jakarta Pusat, kemarin, selasa (16/6/2015).

Khusus di Kabupaten pamekasan, MUI cabang Pamekasan menyatakan bahwa penentuan 1 Romadhan juga sesuai dengan arahan pemerintah pusat. Namun begitu MUI poamekasan juga menegaskan bahwa hilal belum diketahui di Pamekasan. "MUI Pamekasan juga melakukan pemantuan hilal di daerah pesisir opantai Ambat. Cuma juga bulan belum terlihat. Jadi puasa mengikuti yang disampaikan Menteri Agama yakin kamis tanggal 18 Juni 2015" kata sekretaris MUI Pamekasan, Zainal Alim kepada beberapa media.

(Yan/tar/res)

0 comments:

Posting Komentar