Belum Ada Pemugaran, Pengunjung Goa Rojing Sepi.

Gua Rojing. (Foto dokumentasi Desa Blaban/detak.com)

Detak, Pamekasan.

Sulitnya infrastruktur penunjang untuk melihat secara langsung ornamen dan keindahan natural dinding dalam goa Rojing membuat wisatawan enggan melihat keadaan goa rojing secara kesuluruhan. Akibatnya, pengunjung hingga 3 bulan dari penemuannya terlihat mulai sepi.

Tidak seperti sebelum-sebelumnya, antusiasme masyarakat Madura sangat tinggi untuk mengetahui delik dan ornamen lengkap goa rojing. Namun, karena setelah melihat lokasi goa yang tidak "nyaman" membuat masyarakat atau wisatawan semakin menyurutkan untuk melihat secara dekat.

Maklum untuk saat ini, sejak ditemukan sampai saat ini belum ada sistem pemugaran yang dilakukan pemerintah Daerah kabupaten Pamekasan. Goa yang ditemukan oleh warga dusun Rojing pada saat pembuatan sumur itu hanya nampak seperti sumur pada umumnya. Padahal didalam goa terlukis secara alami nan indah batuan stalakmit yang terjadi secara alami.

"Sepinya pengunjung ya karena itu (karena infrastruktur penunjang" kata Sukriyanto kades blaban kecamatan Batu Marmar kepada detak.com.

Dia berharap pemerintah daerah Kabuapaten Pamekasan melalui Bupati pamekasan agar segera melakukan pemugaran agar masyarakat bisa menikmati didalam goa secara keseluruhan. "Saya yakin jika goa itu cepat dipugar maka wisatawan akan berduyun-duyun kembali" ujar Sukri.

Keyakinan Sukri sangat beralasan. Karena gerutunya pengunjung hanya karena bukan semua pengunjung yang bisa menikmati dinding dan dasar goa. "Kan untuk mengunjung memang dibatasi untuk turun. Karena kalau berduyun-duyun kebawah (turun ke goa) faktor keselamatan yang paling kami utamakan" tambahnya.

Jika cepat dilakukan pemugaran, maka teknis dan lain-lain tergantung Pemda. "Asalkan rakyat dilibatkan saja dalam proses pemugaran. Dan desa ada income walau tidak sebesar pemkab. Sifat kami yang penting lokasi wisata goa Rojing bisa dijadika temoat wisata alam yang bisa diakses dan dinikmati semua pihak dan semua kalangan" pungkas Kades muda ini. (Yan/tim)

0 comments:

Posting Komentar