Kades Banyak Berijazah Paket, Bakal Terganjal Pencalonan Sebagai Cakades

Detak, Pamekasan.

Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Pamekasan tentang Pilkades yang memuat klausul bahwa calon kepala desa (Cakades) dibatasi 5 (lima) orang akan menimbulkan masalah dikemudian hari.

Pasalnya, jika cakades melebihi 5 orang maka yang diperioritaskan adalah ijazah tertinggi. Pun begitu jika jenjang strata pendidikannya sama, maka ditentukan oleh nilai tertinggi. "Disini akan timbul maslah baru. Yakini ketika Raperda kemudian menjadi Perda maka Calon incumbent (kades patahanan/ mantan kades) akan kesulitan masuk ke verifikasi selanjutnya" Kata pengamat Hukum, Alfian SH.

Pasalnya, menurut alfian, kebanyakan Kepala desa se Kabupaten pamekasan bahkan Madura lebih banyak yang menggunakan ijazah paket. "Nah disini akan muncul kress di masyarakat utamanya antar para pendukung. Karena nantinya akan saling mengganjal disistem penjaringan cakades tersebut" Kata Alumnus PKPA Unair 2011 ini kepada Detak.com, Senin (5/4/2015).

"Perlu kajian yang mendalam terhadap Perda yang akan ditandatangani oleh eksekutif yakni Bupati Pamekasan ini" jelas Advokat ini. (Tar/tim)

0 comments:

Posting Komentar