Empat Ahli Waris Sahram ditetapkan Sebagai Ahli Waris Sah Dari Sahram.

Ahmad sugianto Cs saat menunggu Ketetapan PA di PA pamekasan. (Foto: alfi/detak.com)

Detak, Pamekasan.

Pengadilan Agama (PA) Kabupaten pamekasan mengabulkan permohonan penetapan waris yang diajukan oleh Ahmad Sugianto, Nurhayati, Kiptiah, dan Sotriye kemarin, senin (20/4/2015).

Empat saudara kandung yang berasal dusun beruh desa Dempoh timur ini merupakan anak kandung dari Sahram (almarhun tahun 2011) hasil pernikahan sahnya dengan Sotriye alias Buk Sotriye.

"Dengan demikian kelima orang ini disahkan dan ditetapkan sebagai ahli waris sah dari Sahram alias Pak Sahram" demikian bunyi salah satu putusan mejelis Hakim pengadilan Agama kabupaten Pamekasan.

Dari hasil putusan ketetapan PA Pamekasan tersebut yang berhak atas semua warisan atas nama Sahram alias Pak sahram jatuh kepada ahli waris tersebut.

Setelah persidangan, M.Alfianto,SH.MH sebagai kuasa hukum dari kelima ahli waris menyampaikan bahwa, putusan pengadilan adalah putusan yang harus dilaksanakan oleh beberapa pihak dalam hal penentuan waris atau hal yang berkaitan dengan hak-hak dari Sahram alias Pak sahram. "Jadi setelah ada putusan PA seperti ini, maka semua pihak utamanya yang ada kaitannya denga pewarisan dan hak lainnya maka diwajibkan melalui lima ahli wari tersebut. Misalnya tentang tanah yang dimiliki oleh sahram" kata Alfian.

Untuk itu, tambah Alfian, ketika nanti dalam pengurusan waris, misalnya Waris tanah, maka yang berhak atas warisan darti sahram alias pak Sahram adalah kelima ahli waris itu.

"Dan tidak hanya warisan, hal lainnya seperti hutang-hutang yang menjadi tanggungan dari sahram maka secara otomatis mnajdi kewajiban dari semua ahli waris itu untuk melunasi. Menurut hukum perdata Islam seperti itu"

"Pun begitu, yang tidak masuk ke dalam penetapan PA ini, maka mereka bukanlah ahli waris sah dan secara otomatis pula bukan sebagai penerima hak dari warisan dari Sahram alias Pak sahram" beber Alfian di depan kantor PA Pamekasan, jalan raya tlanakan pamekasan. (Yan/res)

0 comments:

Posting Komentar