Posbakumadin Sampang Lakukan Penyuluhan Di Kabupaten Sumenep.

Detak, Sumenep.

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Nasional, Posbakumadin ( Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia) wilayah Sampang yang dimotori oleh KH Moh Badri SH MHum mengadakan sosialisasi atau penyuluhan hukum bagi masyarakat tidak mampu Kabupaten Sumenep di Desa Karang Buddi- Gapura - Sumenep Madura.

Ratusan warga nampak antusias untuk mencari tahu tentang SOP (Standart Operasional Prosedure)bantuan hukum cuma-cuma tersebut.

"Bantuan hukum secara prodeo ini kita adakan penyuluhan kepada masyarakat marjinal kabupaten sumenep yang juga merupakan amanat Undang-undang" kata ketua Posbakumadin Kabupaten Sumenep, Samsul Arifin SH.

Menurutnya, penyuluhan ini sangat penting dilakukan mengingat masyarakat secara umum banyak yang tidak tahu tentang hukum di masyarakat itu secara umum. "Apalagi diwilayah Sumenep yang masyarakat berpencar-pencar melalui pulau-pulau kecil sehingga membutuhkan upaya ekstra agar penyuluhan bisa diakses sampai ke pelosok-pelosok" kata Samsul kepada Detak melalui Selulernya, Rabu (17/03/2015).

"Untuk itu perlu dukungan dari semua pihak termasuk eksekutif dalam hal ini Bupati Sumenep dan juga masyarakat yang mengerti tentang dunia hukum"

"Jika tidak, maka upaya pemerintah ousat untuk penyuluhan hukum secara cuma-cuma akan terganjal dengan sistem yang terputus" ujar Samsul.

Lalu kenapa harus menggunakan Posbakumadin Sampang? "Untuk saat ini di Madura yang mendapatkan iZin licensi bantuan hukum secara cuma-cuma hanya kabupaten Sampang" tambahnya.

Untuk selanjutnya, jelas Samsul bahwa seluruh pendampingan hukum di kabupaten Sumenep masih melalui Posbakumadin kabupaten Sampang. Namun jika nanti licensi Posbakumadin sumenep sudah ada dari KemenkumHam maka secara Yuridis Posbakumadin kabupaten sumenep akan melaksanakan sendiri. "Artinya, untuk saat ini masih melalui Posbakumadin sampang tapi untuk selanjutnya akan menggunakan Posbakumadin Kabupaten sumenep sendiri" jelas bapak 2 Putri ini.

Dengan adanya Posbakumadin Sumenep, advokat asal Kecamatan Pasongsongan ini berharap masyarakat bisa mengetahui seluk beluk dunia hukum. "Termasuk pendampingan baik litigasi (persidangan di Pengadilan) maupun non litigasi (diluar persidangan) secara formel" pungkasnya.

Hadir dalam Penyuluhan selain RKH Moh Madri dan Samsul arifin antara lain; Hariyanto SH (sekretaris Posbakumadin Kabupaten Pamekasan), Martuli SH MHum (anggota Peradin Kabupaten Sampang) dan Samsul Arifin SH (Sekretaris Posbakumadin Sumenep). (Yan/tar/tim)

0 comments:

Posting Komentar