Hari Terakhir, Pengurusan SPT Tahunan Membludak.

Pengurusan SPT Di Pelayanan pajak Pratama Pamekasan. (Foto: alfi/detak.com).

Detak, Pamekasan.

Pengurusan SPT (Surat Pemberitahuan) Masa Pajak Penghasilan yang jatuh pada hari ini membuat para wajib pajak yang terdiri dari para guru Sertifikasi membludak untuk laporan pajak negara itu.

Membludaknya para guru sertifikasi membuat petugas pelayanan di kantor Pelayanan pajak pratama yang terletak dijalan R Abdul Azis kewalahan.

Pantauan detak.com, suasana di kantor Pratama sekitar pukul 13.00 sangat sesak. Para wajib pajak terlihat mondar-mandir dengan kesibukannya atau sekedar tanya-tanya kepada rekannya. Maklum, pemgurusan SPT tidak semudah yang dibayangkan.

Banyak pihak menyayangkan sikap pemerintah dalam mewajibkan wajib pajak melalui SPT tahunan ini. H Zainal ini contohnya.

Pria paruh baya yang sehari-hari sebagai Dosen di Unair (Universitas Air Langga) Surabaya ini mempertanyakan sistem yang digunakan Pemerintah. "Ini kan merepotkan. Padahal penghasilan atau gaji sudah ada regulasi dalam pemotongannya. Masak masih harus mengurus SPT seperti ini" katanya.

Selain itu, jelas Dosen asal Pamekasan, SPT ini cuma sebatas formalitas yang kompetensinya juga dipertanyakan. "Yang mengisi itu belum tentu benar adanya. Perlu ada sistem yang lebih elastis agar tidak menjadi penumpukan wajib pajak seperti saat ini" tambahnya. (Yan/tim/tar)

0 comments:

Posting Komentar