Hak-hak Warga Bonaan Di LP Pamekasan Diduga Dipungut Biaya, Lapas Membantah!

Surat klarifikasi dari LP Kelas IIA Pamekasan kepada Detak.com (foto: redaksi Detak.com).


Detak, Pamekasan.

Adanya informasi dari keluarga tahanan, bahwa di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA Pamekasan telah terjadi pemungutan untuk pengurusan beberapa yang ada kaitannya dengan Hak-hak warga Binaan (Narapidana dan Tahanan).

Diantara hak-hak warga binaan diantaranya: PB (Pembebasan bersyarata), CB (cuti bersyarat), CMB (cuti menjelang bebas), CMK (cuti mengunjungi keluarga dan asimilasi) di LP kelas II A pamekasan diduga dijadikan alat untuk menggeruk rupiah dari para warga binaan maupun dari keluarganya.

Dari informasi yang shohih, untuk pengurusan yang ada kaitannya untuk menghirup udara "bebas" baik sementara atau seterusnya diduga warga binaan dimintauli sejumlah uang yang besarnya berfariasi. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Us (nama samaran), mengaku dia dimintai uang sejumlah Rp 1,5 juta rupiah agar keluarganya yang divonis karena kasus Narkoba itu bisa mengurus PB (Pembebasan bersayarat). "Untuk Pembebasan Bersyarat itu harus ada syaratnya itu mas. Yakni harus ada uang" ketus Us, ketika ditemui tim Detak.com sesaat setelah mengunjungi keluarganya di LP Pamekasan.

"Jika tidak dikasih uang, kita ini dilama-lamain ngurusnya" tambahnya.

"Katanya bebas biaya itu tidak benar mas. Buktinya kami diminta oleh oknum ......." Jelasnya.

Dikonfirmasi melalui surat, Kepala LP kelas IIA Pamekasan, Iswan Amd Ip SH MH, memaparkan bahwa semua pengurusan hak-hak warga binaan tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

"Namun surat yang telah saudara kirimkan kepada kami, akan kami jadikan koreksiuntuk meningkatkan pelayanan dan kinerja kami kedepannya" demikian release surat bertanggal 25 Maret 2015 yang diterima Detak.com. Dengan nomer: W.15.PAS.PAS4-PK.O1.05.06.512. (Yan/tim/tar/res)

0 comments:

Posting Komentar