Wardha : Orang Tua Perlu Waspada

Semakin Bebasnya Pergaulan Bebas Pelajar Kita maka Orang Tua Perlu Waspada

Pamekasan --SEMAKIN merosotnya moral anak muda dan pelajar membuat para orang tua semakin khawatir, terhadap pergaulan anaknya yang cenderung mengarah kepada pergaulan bebas. Dari kenyataan pahit ini, tentu saja orang tua tidak boleh menyalahkan salah satu lembaga pendidikan yang ada.
Komunitas Perempuan Sumenep Wardha Lestiady mengatakan bahwa hal tersebut disebabkan karena kurang maksimalnya pendidikan yang masuk pada kepribadian anak itu sendiri.
"Pendidikan yang kami maksud adalah pendidikan formal, informal dan non formal. Dengan kata lain, kalau ketiga wadah itu berjalan baik, maka harapan orang tua untuk mempunyai anak yang bisa dipertaruhkan akan tercapai," terang Wardha ketika berbincang dengan media ini di kota Pamekasan (5/2).
Aktivis yang peduli pada perkembangan pendidikan ini mengaku akan melakukan terobosan-terobosan terkait semakin merosotnya moral (dekadensi moral) pelajar kita. Pihaknya menilai selama ini kan yang terjadi pada anak-anak kita selalu tidak selaras (tak seimbang) sehingga untuk menjadikan anak menjadi penerus bangsa yang baik jauh dari harapan.
Contoh yang paling gamblang menurut dia, ada anak yang pandai di sekolah tapi pergaulannya rusak apalagi didukung dg perhatian orang tua yang sangat minim –maka yang terjadi pada anak akan jauh dari harapan. "Jadi seharusnya orang tualah yang harus maksimal memerhatikan perkembangan anak itu sendiri," tambahnya.
Hal senada juga diungkapkan Mahasiswi Universitas Wiraraja Sumenep, Qurrotul Aini, bahwa mendidik anak (untuk pendidikan informal) memerlukan banyak cara yang harus dilakukan oleh orang tuanya. yaitu harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Yang pasti orang tua harus semaksimal mungkin melakukan itu, karena bagaimanapun juga pendidikan karakteristik yang baik bagi anak yaitu muncul dari keluarga. "Jadi orang tualah yang punya peranan penting dalam soal ini," tandas pengajar bahasa Indonesia ini. (sam)

0 comments:

Posting Komentar