2014 RASKIN KECAMATAN PASEAN SERING NGADAT.

Pendistribusian beras raskin di kecamatan Pasean untuk tahun 2014 diduga banyak masalah. 
Informasi sahih yang berhasil dihimpun oleh tim Detak memperoleh banyak informasi bahwa pendistribusian beras khusus kaum miskin tersebut   
tidak sepenuhnya sampai kepada RTS atau Rumah Tangga Sasaran. 
Banyak kejanggalan yang diperoleh tim investigasi dalam pengelolahan yang melibatkan Desa, Ikasa, korlap Kecamatan, Camat, Korlap Kabupaten dan Bulog Kabupaten Pamekasan ini.
Diantaranya kejanggalan mulai diketahui ketika pengiriman antara desa satu dengan satunya tidak sama. "kalau didesa saya tiap bulan pasti datang, karena saya langsung minta ke Bulog.  Bukan melalui Ketua Ikatan Kepala Desa (IKASA)" ungkap HY salah satu tokoh masyarakat Pantura yang didesa tersebut isterinya menjadi Kepala Desa (Kades) selama 2 periode.
Tokoh masyarakat mantan Anggota DPRD Kabupaten Pamekasan tersebut memberikan penjabaran bahwa, antara desa satu dengan lainnya ada perbedaan  volume pendistribusian RASKIN. Tergantung iktikad baik dari masing-mading desa dalam pengelolahan Raskin untuk kaum dhuafa didesa masing-masing.
"itu bisa terjadi (distribus Raskin) tiap bulan sekali,  2 bulan sekali ada bahkan yang untuk 2014 hanya datang 6 kali. Artinya separuh distribusi dalam setahun" katanya.
Ada beberapa pengakuan yang sudah disampaikan oleh beberapa pihak sebagai stekholder dalam pendistribusian tersebut kepada tokoh rakyat pantura ini. "bahkan korlap Kecamatan sudah mengaku ke saya bahwa untuk bulan oktober 2014 sengaja tidak didatangkan dengan alasan yang tidak masuk akal" tambahnya geram.
Pernyataan Tokoh Pantura jni juga diamini oleh Masdeli, 48 tahun, Warga desa Dempo Timur. Pria Alumni salah satu Pondok Pesantren Wilayah Sumenep ini mengatakan bahwa di desanya selama kepemimpinan Kades yang baru pendistribusian Raskin tidak setiap bulan. "kalau dari pengamatan saya, untuk desa Dempo timur sejak kades yang baru memimpin mulai bulan Juni 2013 sampai sekarang (awal 2015) raskin maksimal 10 kali distribusi, sisanya sata gak tahu dikemanakan? ???" kata bapak 2 anak ini heran.(tim).

0 comments:

Posting Komentar