Mantan Bupati Sampang, Noer Tjahja Ditahan Kejagung


Diduga Korupsi Pengelolaan Alokasi Gas
 
Sampang-- Mantan Bupati Sampang, Jawa Timur, Noer Tjahja, Senin (13/10/2014) Penyidik Kejaksaan Agung . Sebelumnya Noer Tjahyja sudah dijadikan tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan alokasi gas pemerintah Kabupaten Sampang oleh PT Sampang mandiri Perkasa dengan mengatasnamakan Perusahaan Daerah/Badan Usaha Milik Daerah.

Tidak hanya Noer Tjahja, penyidik menahan dua tersangka lain yaitu Hari Oetomo selaku Dirut PT Sampang Mandiri Perkasa (PT SMP), dan Muhaimin selaku Direktur PT Sampang Mandiri Perkasa (PT SMP).
Kapuspenkum Tony T Spontana kepada sejumlah wartawan di di Kejagung, Jakarta. Mengatakan tim penyidik telah merencanakan pemeriksaan ketiga tersangka dan ketiganya hadir memenuhi panggilan. ‎Selanjutnya tim juga melakukan penahanan kepada ketiga tersangka selama 20 hari di Rutan Salemba cabang Kejagung. Kasus ini bermula dari adanya hak yang diberikan oleh Kabupaten Sampang terhadap pembelian gas yang diproduksi oleh BPP Migas. Namun, gas ini malah tidak dikelola oleh BUMD, melainkan oleh perusahaan swasta yaitu PT Sampang Mandiri Perkasa. Menurut Kasubdit Penyidikan pada Pidana Khusus, Sarjono Turin, peristiwa ini terjadi sekira tahun 2010 hingga 2012 dimana negara mengalami kerugian mencapai Rp 16 miliar. Turin mengatakan, kasus ini bukanlah proyek melainkan eksplorasi gas yang seharusnya adalah hak Pemda menjual tapi malah dialihkan ke swasta. Peran Noer Tjahja, menurut Turin adalah menyalagunakan kewenangan selaku bupati dengan membentuk perusahaan swasta. ‎Namun, Turin belum secara tegas menyebut bahwa Noer menikmati dana yang seharusnya mengalir ke Pemda itu. "Belum kelihatan (menikmati hasilnya). Pasti nikmati uangnya soalnya tidak masuk ke Pemda tapi masuk ke PT SMP yang ditunjuk Bupati," pungkasnya. (fiz)


0 comments:

Posting Komentar