Roy Suryo Minta KPK Kawal Persiapan Asian Games 2018

JAKARTA-Setelah menjalani  proses panjang dan tidak mudah, Indonesia akhirnya menandatangani MoU menjadi tuan rumah Asian Games 2018, kata Menpora Roy Suryo hari Minggu (21/09) sore di VIP Room Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno - Hatta Tangerang, Banten.

Menpora bersama  istrinya Ismarindayani, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Faisal Abdullah dan Staf Khusus Heru Nugroho baru mendarat dari Incheon, Korea Selatan. Di bandara rombongan Menpora disambut Kepala Bagian Humas Kemenpora Ahmad Arsani dan para wartawan.

"Keputusan itu adalah  hasil dari Sidang Pleno OCA atau Olympic Council of Asia yang dipimpin presidennya, Sheikh Ahmad Al Fahad Al-Sabah di Incheon. Indonensia  42 dukungan dari 45 negara Asia," kata Roy Suryo didampingi Faisal Abdullah. “Poin penting yang harus diketahui adalah konsekuensi dari dimajukannya setahun penyelenggaraan Asian Games menjadi 2018, yakni tidak diperkenankannya pembangunan venue-venue baru karena proses penilaian venue-venue akan dilaksanakan pada 2016,” tambahnya.

Penyelenggaraan Asian Games 2014 di Incheon menurut Menpora Roy Suryo tidak bisa dijadikan panutan atau ukuran karena banyaknya kekurangan di sana sini. “Banyak pembangunan venue darurat di padang kosong dengan menggunakan tenda-tenda besar dan kontainer-kontainer. Oleh karena itu OCA mewanti-wanti agar Indonesia tidak membangun venue baru tetapi disarankan hanya untuk renovasi venue-venue yang ada baik di Jakarta, Sumatera Selatan dan Jawa Barat. Stadion Utama Gelora Bung Karno nantinya akan menjadi tempat pembukaan, serta penutupan dilaksanakan di Jakabaring Sport Center di Palembang, Sumatera Selatan,” tambahnya.

Menpora Roy Suryo telah jauh-jauh hari mempersiapkan bahwa secara resmi Kemenpora akan meminta kepada KPK untuk mengawal persiapan pelaksanaan Asian Games 2018 mendatang.

Sementara Deputi Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga Faisal Abdullah menilai adanya kemungkinan resiko yang timbul dari pelaksanaan Asian Games 2018. “Kita harus siap apapun itu, satu yang mengganjal apakah kita bisa menyiapkan 4.000 kamar sebagai perkampungan atlet, karena 2016 OCA akan memastikan venue-venue yang akan digunakan, saat ini kita harus kejar itu,” katanya.***(ben)


Keterangan Gambar : Menpora Roy Suryo Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Faisal Abdullah hari Minggu (21/09) sore memberi keterangan kepada wartawan di VIP Room Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno - Hatta Tangerang, Banten.***(foto: egan/kemenpora.go.id)

0 comments:

Posting Komentar