Presiden SBY Menerima Kedatangan Delegasi Chinese People's Politic Consultative Conference RRT

Hubungan persahabatan dan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Tiongkok terjalin baik, sejak dibuka pada 13 April 1950. Hubungan kerjasama tersebut meliputi bidang perdagangan, teknologi, pendidikan, kesehatan, militer, pertanian, kehutanan, pariwisata dan budaya. Dalam sepuluh tahun terakhir ini, hubungan pribadi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan pemimpin Tiongkok cukup baik, juga dengan presiden Tiongkok yang saat ini sedang menjabat yaitu Xi Jinping. Presiden SBY berharap Presiden RI yang baru nanti, Joko Widodo dapat melanjutkan jalinan persahabatan dengan Tiongkok tersebut. Hal ini disampaikan oleh Presiden SBY saat menerima kedatangan delegasi Chinese People's Politic Consultative Conference (CPPCC), Republik Rakyat Tiongkok di kantor presiden, Jalan Veteran, Jakarta, Selasa (16/9).  Presiden Tiongkok, Xi Jinping pernah mengadakan pembicaraan dengan Presiden SBY di Jakarta Oktober 2013 lalu, dan kedua pihak bertukar pendapat secara mendalam mengenai hubungan bilateral, pengembangan hubungan Tiongkok-ASEAN serta masalah regional dan internasional yang penting lainnya. Seusai pembicaraan, kedua pihak bersama-sama menyaksikan penandatanganan dokumen kerjasama bilateral dua negara Indonesia-Tiongkok.

Delegasi Tiongkok kali ini dipimpin oleh Wakil Ketua Chinese People's Politic Consultative Conference (CPPCC) – RRT Wang Jiarui, diikuti oleh Minister of International Department, Central Committee, dan Communist Party of China (IDCPC) yaitu Yuan Zhibing, Rao Huihua, Wang Kang, Yang Chen, Shi Chaojun, Zhao Qiang, Cui Xiang, Ruan Rui, selain itu turut serta Duta besar RRT untuk RI Xie Feng.  Sedangkan Presiden SBY didampingi oleh Menlu Marty Natalegawa, Mensesneg Sudi Silalahi dan Seskab Dipo Alam. Pembicaraan berlangsung sekitar empat puluh menit dalam suasana yang hangat dan bersahabat. Diskusi yang konstrustif terbangun diantara pemimpin dua negara besar tersebut.

Foto : Presiden SBY saat menerima kedatangan delegasi Chinese People's Politic Consultative Conference (CPPCC), Republik Rakyat Tiongkok, di kantor presiden, Jalan Veteran, Jakarta, Selasa (16/9). Pembicaraan hangat yang terbangun diharapkan dapat meningkatkan persahabatan Indonesia-Tiongkok yang telah terjalin baik sepuluh tahun terakhir ini

0 comments:

Posting Komentar