Wagub Sumbar: Antusiasme Masyarakat dalam Pilpres Cukup Tinggi

PADANG -- Wakil Gubernur Sumatera Barat, H. Muslim Kasim, menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu Presiden 2014, Rabu (9/7) pagi, di tempat pemungutan suara (TPS) 02 Kelurahan Ulak Karang Utara, Padang. Wagub hadir di TPS sekitar pukul 9.00 WIB, didampingi Isteri Ida Muslim Kasim beserta rombongan.

Sesudah memberikan hak suaranya Wagub menyampaikan bahwa antusias masyarakat dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) cukup tinggi, dan diharapkan tidak golput dan ikut berpartisipasi dengan mendatangi TPS-TPS yang telah ditentukan.

"Pelaksanaan Pilpres berjalan dengan lancar, tertib dan aman dan diharapkan bertahan hingga saat penghitungan suaranya. Siapapun yang terpilih sebagai Presiden nantinya adalah pilihan kita bersama dan pemimpin kita semua 5 tahun ke depan. Kepada masyarakat jangan berbuat kerusuhan atau anarkis apabila calon yang didukung tidak menang pada Pilpres ini, karena negara dengan demokrasi terbesar ini menjadi cerminan atau gambaran bagi bangsa-bangsa luar dalam pelaksanaan Pilpres. Ini dibuktikan oleh sedikitnya 200 analis dari luar negeri yang turut memantau pelaksanaan Pilpres 2014 ini", ungkap Muslim Kasim.

Setelah itu Wagub bergerak meninjau TPS 13 di Parupuak Tabiang. Sesampai di lokasi, ditemukan hal unik, yakni TPS dihiasi dengan berbagai macam pernak-pernik sepak bola, yang kebetulan pelaksanaan Pilpres kali ini bertepatan dengan Perhelatan Piala Dunia 2014 di Brazil. Selain itu hal unik lainnya adalah kepada para pemilih setelah mencoblos disediakan hadiah menarik berupa bola dan baju bola apabila beruntung dalam mengambil kupon yang telah disediakan oleh panitia.

"Ini merupakan suatu ide kreatif dan berdampak positif dan perlu diberikan apresiasi karena dengan seperti ini akan meransang para pemilih untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilih nya" ujar Wagub.

Kemudian Wagub juga meninjau pelaksanaan Pilpres di TPS X dan XI di Lembaga Pemasyarakata (LP) Muaro. Pada TPS X jumlah Daftar pemilih Tetap (DPT) adalah 388 orang, terdiri dari 372 laki-laki dan 16 perempuan, sedangkan Daftar pemilih Khusus (DPK) sebanyak 45 orang. Di TPS XI jumlah DPT 398, dengan 383 laki-laki, 15 perempuan dan DPK 5 orang.

"Hal terpenting dari peninjauan kita kesini adalah mengetahui apakah warga binaan tidak kehilangan hak suaranya pada pemilihan kali ini karena konteks hak asasi manusia, hak pilih atau memilih atau memberi suara adalah hak politik yang merupakan hak dasar dan fundamental setiap individu/ warga negara untuk dijamin pemenuhannya oleh negara/pemerintah sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945, Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, dan Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden" kata Wagub

Kemudian Wagub yang didampingi oleh Kepala LP Destrisyam beserta jajaran, kurang lebih 20 menit meninjau keadaan di dalam LP, dan wagub menyampaiakan bahwa keadaan para warga binaan sehat dan segar serta pembinaan terhadap warga pada saat sekarang lebih ditekan kan kepada pembinaan mental dan bukan pada fisik.

"Behubung bulan ini adalah bulan yang baik dan selama ini Tim safari Ramadahan, baik dari Padang atau pun Provinsi belum ada yang berkunjung ke mesjid disini, dan kali ini saya beserta jajaran akan berusaha untuk menjadwalkan, dan akan memberikan bantuan tanpa membeda-bedakan dengan mesjid-mesjid yang lain di sumbar," ungkap Wagub.

(rel/ede)
BeritaLima Cyber Media Group » www.beritalima.comwww.sumateratime.comwww.satuwarta.comwww.caleg-indonesia.comwww.potretdesa.comwww.sumbaronline.com

0 comments:

Posting Komentar