Rugikan Negara Rp 371 Juta, Eks Kabag Humas Tapteng Dituntut 1,5 Tahun Penjara

TAPTENG, SUMUT -- Mantan Kepala Bagian Humas Pemkab Tapanuli Tengah (Tapteng), Johannes Simanulang, dituntut 1 tahun 6 bulan penjara pada persidangan di Pengadilan Tipikor Medan, Jumat (25/7). Dia dinilai telah melakukan tindak pidana korupsi pada 2005, sehingga merugikan negara Rp 371 juta.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Sibolga, Futin Laoli, menyatakan Johannes Simanulang telah melakukan perbuatan yang diatur dan diancam dengan Pasal 3 ayat (1) jo Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001.

"Meminta majelis hakim menyatakan terdakwa Johannes Simanulang terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi pada anggaran kegiatan Humas Pemkab Tapteng tahun anggaran 2005," kata Futin di hadapan majelis hakim yang diketuai Nelson Marbun.

Tidak hanya hukuman penjara, JPU juga menuntut agar Johannes membayar denda sebesar Rp 50 juta subsider 3 bulan kurungan. Selain itu, jaksa juga meminta agar dia dibebani dengan kewajiban membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 152 juta. Apabila harta bendanya tidak cukup untuk melunasi uang pengganti, maka dia harus menjalani penjara selama 1 tahun.

Menanggapi tuntutan jaksa, Johannes Simanulang yang didampingi kuasa hukumnya menyatakan akan menyampaikan pledoi. Pembelaan itu akan disampaikan pada persidangan tanggal 8 Agustus mendatang.

Dalam perkara ini, Johannes Simanulang didakwa melakukan korupsi setelah ditunjuk oleh Bupati Tapteng sebagai pemimpin kegiatan pos Bagian Humas yang anggarannya ditampung dalam APBD Pemkab Tapteng pada 2005.

Johannes dinyatakan telah mengkorupsi dana dari lima item kegiatan, yakni biaya operasional perpustakaan keliling Rp 62 juta, pengadaan buku perpustakaan Rp 75 juta, temu pers dan pemberitaan seputar kehumasan, serta batuan pelaksanaan pendidikan pelatihan (diklat) pers. Akibat perbuatan itu, negara mengalami kerugian Rp 371 juta.

(mdk/hhw/bin)
BeritaLima Cyber Media Group » www.beritalima.comwww.sumateratime.comwww.satuwarta.comwww.caleg-indonesia.comwww.potretdesa.comwww.sumbaronline.com

0 comments:

Posting Komentar