MUDIK LEBARAN 2014: Jumlah Penumpang Pesawat Jakarta - Padang Cenderung Menurun

PADANG PARIAMAN -- PT Angkasa Pura II, menyatakan, jumlah penumpang di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang Pariaman, Sumatera Barat pada mudik lebaran 2014 ini cenderung mengalami penurunan dibandingkan arus mudik tahun 2013 lalu. Hal ini terpantau dari data penerbangan dan jumlah penumpang pada H-7 hingga H-5 jelang Lebaran Idul Fitri yang kemungkinan jatuh pada Senin, 28 Juli 2014.
 
Dengan besaran penurunan berkisar antara 3,36 persen hingga 9,09 persen, hal ini menjadi tanda tanya bagi pihak PT Angkasa Pura II dan Otorita BIM di bawah Kementerian Perhubungan. General Manager Angkasa Pura II BIM Rian Hadihito mengungkapkan hal itu dalam jumpa pers, Kamis (24/7/2014).

Penyebab utama menurunnya jumlah penumpang, kata Rian, adalah harga tiket penerbangan Jakarta – Padang jauh lebih mahal dibanding dengan harga tiket Jakarta – Pekanbaru.

"Kami sudah selidiki, ternyata harga tiket ke Padang dua kali lipat dibandingkan ke Pekanbaru. Makanya, bagi pemudik tujuan Payakumbuh dan Bukittinggi lebih memilih penerbangan ke Pekanbaru," ungkap Rian Hadihito.

Meski harga tiket penerbangan cukup tinggi, namun masih berada dalam ambang batas tertinggi yang ditetapkan.

"Jadi kan ada harga dasar dan harga tertinggi yang ditawarkan kepada maskapai penerbangan. Misal, Rp600 ribu untuk harga dasar dan Rp1,6 juta untuk harga tertinggi. Hanya saja range perbedaannya cukup jauh. Idealnya kan 150 persen, jangan sampai 300 persen," cetusnya terkesan menyesalkan.
 
Untuk itu, pihaknya akan segera mengadakan koordinasi dengan semua maskapai penerbangan untuk membicarakan masalah ini. Namun, katanya, pihak Angkasa Pura dan Otoritas Bandara masih optimis kenaikan jumlah penumpang dan penerbangan akan meningkat pada H-3 hingga H+1 nanti. "Sebab sebagian orang Jakarta kan terakhir masuk kerja hari Jum'at, diharapkan setelah itu akan terjadi lonjakan arus mudik melalui bandara," analisa Rian.

Sementara itu,  Anies Wardhana mengakui, pihak Angkasa Pura telah melakukan persiapan yang baik untuk menyambut kedatangan arus mudik, mulai dari segi keamanan, transportasi bandara, fasilitas pendukung, sampai kenyamanan penumpang.

"Kami akan monitor terus setiap waktu demi kenyamanan penumpang selama arus mudik lebaran 2014 ini," janji Anies Wardhana.   
 
Berdasarkan pantauan di lapangan, aktifitas ratusan penumpang pesawat baik yang akan berangkat dan datang terlihat aman dan tertib. Jumlah penumpang domestik berkisar antara 4.290 sampai 4.407 orang pada H-7 dan H-6 kemarin.
 
(soc/ede)
BeritaLima Cyber Media Group » www.beritalima.comwww.sumateratime.comwww.satuwarta.comwww.caleg-indonesia.comwww.potretdesa.comwww.sumbaronline.com

0 comments:

Posting Komentar