Dugaan Korupsi Penyelenggaraan Haji, Tantangan Terbesar Kemenag

JAKARTA -- Sekjen Kemenag Nur Syam buka-bukaan tentang tantangan Kemenag ke depan. Salah satunya adalah dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji.

"Tantangan terbesar kita adalah dugaan penyelewengan penyelenggaraan ibadah haji. Luar biasa pemberitaan media yang dilakukan oleh Kemenag terkait dugaan korupsi di Kemenag terkait penyelenggaraan haji dan umroh. Namun berita tidak segencar itu manakal yang melakukan itu selain Kementerian Agama," kata Nur Syam saat memberikan pembekalan petugas PPIH Arab Saudi tahun 2014, di Asrama Haji Pondok Gede, Satu (12/7/2014).

Nur Syam heran pemberitaan kasus di kementerian lain tidak begitu besar. Dia mencontohkan yang terakhir adalah dugaan penyelewengan di Kementerian PDT yang kemudian tertangkap miliaran rupiah.

"Kementerian Agama itu adalah kementerian yang memiliki nilai plus. Jadi kalau kementerian lain hanya mengurus dunia saja, tetapi kementerian agama itu tidak hanya ngurus dunia saja, tapi juga ngurus persoalan akherat," katanya.

Tangan berikutnya adalah SDM dan transparansi dan akuntabilitas yang masih dipertanyakan. "Yang keempat adalah pengelolaan haji yang kurang perfect. Inilah yang menjadi penyebab kenapa akhir-akhir ini muncul pemikiran agar pengelolaan haji itu tidak dllakukan oleh Kemenag," kata Nur Syam.

"Ada upaya-upaya yang dilakukan sekelompok orang yang ingin memisahkan Kemenag dari pengelolaan haji. Ada hidden agenda Kementerian agama tidak layak mengelola haji," simpulnya.

Karena itu dia berpesan kepada 800-an peserta pelatihan Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji ini agar bekerja keras. "Kalau kita dapat menyelenggarakan ibadah haji tahun 2014 ini tanpa cacat maka peluang Kemenag mengelola haji sangat terbuka," ujar Nur Syam.

(dtc/eds/bin)
BeritaLima Cyber Media Group » www.beritalima.comwww.sumateratime.comwww.satuwarta.comwww.caleg-indonesia.comwww.potretdesa.comwww.sumbaronline.com

0 comments:

Posting Komentar