“Teknis Peliputan Wartawan Olah raga di PORA Ke-XII ATIM .“

Aceh Timur-BalaCossa.Com : Secara Teknis untuk Pedoman Wartawan Peliputan di Acara Pekan OlahRaga Aceh(PORA) yang Ke-XII selaku Tuan Rumah di kabupaten Aceh Timur Harus Memahami Unsur-Unsur PENULISAN sebagai Jurnalis/Wartawan berdasarkan Teknis Paduan BERITA Yakni : Wartawan Olahraga Indonesia memiliki Peran sebagai Pembina Olahraga,Hal ini karena secara Histories Wartawan olah raga yang tergabung dalam SIWO ikut menjadi Pendiri KONI pada tahun 1967.


50(Lima puluh) Wartawan yang Hadir dari Media Cetak Koran,Media OnLine harian dan Media Elektronik sebagai Wartawan Peliputan pada Rabu(11/6) Untuk Pekan Olahraga Aceh(PORA)yang diadakan Tuan Rumah di Kabupaten Aceh Timur.

Terlihat +/- 7.000(tujuh Ribu )ATLIT yang akan BerTanding dalam 48 Cabang Olah raga yang di perlombakan.
Para tamu Sebagai Muderator M.Saleh dan Hendri Ch bangun selaku mantan Redaktur Olahraga KOMPAS yang juga sekjen persatuan Wartawan indonesia(PWI)Pusat.
Keterlibatan di KONI Provinsi dapat menjadi Fungsi Control Secara Langsung Meski dapat pula terjebak Larut dalam Kepengurusan dan tidak lagi dapat BerSikap KRITIS.

Dalam menuliskan BERITA Lebih baik wartawan menekan kan pada PRISTIWA atau TEMUAN Lapangan Ketimbang BERITA Cakap-cakap(TAalking News)meski dalam kasus tertentu Sikap dan Komentar juga berNilai Penting.
Terkait Peliputan : Wartawan Olahraga di Harap kan Menguasai Aturan Main,Ciri Khas,Statuta Cabang Olahraga yang di Liputnya agar dapat membuat Berita akurat dan benar.

Wartawan juga melakukan Persiapan terkait dengan Pemahaman atas EVENT yang akan di Liput,Mengenal Pihak atau Orang/Atlit yang terlibat dalam Event,dan lebih baik Catatan Data atau Sejarah Terkait Event itu.
Wartawan Sudah memiliki Kerangka Berita,Membayangkan 1-2 Calon LEAD dan JUDULnya pada saat EVENT tengah berLangsung.
Wartawan Memilih UNSUR terbaik Sebagai LEAD,apakah WHO,WHAT,HOW dari Suatu PERISTIWA.
Kalau Perlu Sudah Membuat TUBUH Berita,jalannya pertandingan sampai Babak atau Waktu tertentu Sehingga tinggal menunggu LEAD.Menyiapkan KOMENTAR untuk Dua Hal Sekaligus Persi KALAH atau Persi MENANG.

Wartawan Olahraga harus mampu menulis dengan CEPAt terus berlatih sampai Mencapai KeCepatan Terbaik  misalnya 15 menit,dan segera mengirimkan BERITA Lengkap begitu acara Selesai agar masih ada Waktu bagi EDITOR untuk Memeriksa Menambah,atau Memperbaikai BERITA.
Sebaiknya wartawan Olahraga banyak Membaca Berita Olahraga Internasional untuk melihat TREND perkembangan Pembuatan Berita dan juga perkembangan olahraga yang di geluti serta Tatanan baru Peliputan.
Mengikuti perkembangan Teknologi untuk kemudahan meliput dan mengirim Berita Secara Efisien dan Ekonomis.
Wartawan harus banyak berINTERAKSI dengan Pengurus,WASIT,maupun ATLIT Cabang Olahraga yang di Geluti agar dapat Lebih memahami persoalan baik di Tingkat LOKAL,NASIONAL,Maupun INTERNASIONAL.

Sebagai Peran Media yaitu : Informasi,Pendidikan dan Hiburan Sebagai fungsi Utama MEDIA PERS yang Sesuai dari Undang-Undang Pokok Pers,Kode Etik Pers dan Etika Pers hal ini yang Mendasar Suksesnya Seorang PERS atau Wartawan Peliputan Olahraga.
Namun Demikian Kajian Acara pecan Olahraga Aceh(PORA)yang ke-XII di kabupaten Aceh timur merupakan dari Aturan yang Mengacu pada ,Undang-Undang 1945,Undang-undang SISTEM KeOlahragaan Nasional No.5 tahun 2003,Undang-undang Pemerintahan Aceh dan seterusnya sebagai Kebijakan PULITICAL WILL Pemerintahan Aceh.(***Dedi Nst***)

0 comments:

Posting Komentar