KPK: Visi Misi Capres-Cawapres Tak Tuntas Jabarkan Pembiayaan Seluruh Program

JAKARTA -- Wakil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto menilai ada permasalahan yang tidak dijelaskan secara tuntas oleh kedua pasang calon presiden dan calon wakil presiden di dalam visi dan misinya.

"Pada dokumen visi dan misi capres, tidak dibahas secara elaboratif dan tuntas darimana pembiayaan seluruh program yang dicanangkan itu," kata Bambang, Rabu (4/6/2014).

Hal tersebut penting karena bisa menjadi masalah yang serius dan berakibat pada ketidakmampuan untuk menjalankan seluruh agenda pembangunan yang direncanakan capres dan cawapres.

Selain itu, kata dia, sektor pajak sebagai salah satu penerimaan negara terbesar negara juga luput dari isu utama yang harus diselesaikan para capres dan cawapres.

Bambang menuturkan, penerimaan dari sektor pajak cenderung terus menurun, kendati jumlah Wajib Pajak terus meningkat dan rasio pajak Indonesia justru stagnan di angka 12,5 persen, terendah di ASEAN.

"Dapat dipastikan, siapapun capresnya, bila dia tidak mampu meningkatkan penerimaan pajak dan sekaligus mengatasi indikasi korupsi di sektor pajak, maka dia akan gagal melaksanakan pembangunan yang direncanakannya dalam visi-misi yang ditujukan untuk sejahterakan rakyatnya," kata Bambang.

Buku Putih

Bambang mengungkapkan, KPK telah merilis buku putih yang diberi judul "8 Agenda Anti Korupsi bagi Presiden RI 2008-2014". Dia menuturkan, buku tersebut berisi refleksi dari pengetahuan dan pengalaman terbaik KPK selama 10 tahun.

"Pada buku itu dirumuskan tantangan faktual yang kini sedang dihadapi dan usulan agenda aksi yang diprioritaskan untuk dilakukan oleh Presiden 2014-2019," ujar Bambang.

Buku yang disebut 'buku putih' itu telah diserahkan pada 2 pasangan capres-cawapres pada Deklarasi Pemilu Berintegritas dan Damai yang diselenggarakan KPU, kemarin.

(vvc/ita/bin)
BeritaLima Cyber Media Group » www.beritalima.comwww.sumateratime.comwww.satuwarta.comwww.caleg-indonesia.comwww.ipppk.comwww.potretdesa.com

0 comments:

Posting Komentar