KPK Pastikan Segera Periksa Saksi Korupsi Haji 2012-2013

JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan segera memeriksa saksi-saksi terkait penyidikan kasus dugaan korupsi penanganan dan penyelenggaraan ibadah haji, di Kementerian Agama tahun anggaran 2012- 2013.

Adapun dalam kasus ini, KPK sudah menetapkan Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA) sebagai tersangka.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto. Menurut Bambang, pihaknya terlebih dahulu memeriksa saksi itu.

"Setahu saya, lazimnya akan diperiksa para saksi lebih dulu. Pada minggu ini diharapkan pemeriksaan saksi sudah akan dilakukan," kata Bambang, Jakarta, Senin (26/5/2014).

Namun demikian, saat ditanya apakah saksi-saksi yang diperiksa termasuk pihak yang ikut bersama rombongan SDA, seperti anggota DPR, kerabat dan pejabat Kementerian Agama, Bambang mengaku belum mengetahuinya. Menurut dia, hal itu disesuaikan kebutuhan penyidik.

"Yang biasa dilakukan, saksi yang dipanggil adalah mereka yang akan diduga akan membuat terang suatu perkara. Penyidik yang kelak akan menentukan, siapa yang akan diperiksa," jelas Bambang.

Seperti diketahui, KPK menetapkan SDA sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji di Kementerian Agama tahun 2012-2013. SDA diduga menyalahgunakan wewenang.

Atas perbuatannya SDA dijerat dengan pasal 2 ayat (1) dan atau pasal 3 Undang-undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) jo pasal 55 ayat (1) ke-(1) KUHPidana jo pasal 65 KUHPidana.

(inc/gus/bin)
BeritaLima Cyber Media Group » www.beritalima.comwww.sumateratime.comwww.satuwarta.comwww.caleg-indonesia.comwww.ipppk.comwww.potretdesa.com

0 comments:

Posting Komentar